Jelang Piala Mendagri, Forki Maluku Jaring 8 Karateka – Ambon Ekspres
Olahraga

Jelang Piala Mendagri, Forki Maluku Jaring 8 Karateka

Selang : Masih Ada Seleksi Tahap Kedua

AMBON, AE.—Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Maluku melakukan seleksi terhadap puluhan karateka  dari lima perguruan yang ada Kota Ambon dan sekitarnya.Seleksi yang bergulir selama sehari tersebut, dipusatkan di Aula Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Ketum Forki Maluku, Kasrul Selang memaparkan, penjaringan atlet ini sebagai persiapan atlet  untuk memperkuat tim karate Maluku menghadapi kejuaraan karate Piala Mendagri di Jakarta, bulan depan.’’ Alhamdullah, seleksinya berjalan sesuai rencana.Karateka antusias melakoni proses tersebut,’’ ungkap Selang kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.
Puluhan karateka yang mengikuti seleksi itu, kata Selang, berasal dari lima perguruan karate ada di Maluku, yakni Gabdika, Lemkari, Inkai, Inkado dan Inkanas.’’ Sebenarnya ada enam perguruan tapi perguruan KKI yang memilih absen pada seleksi kali ini,’’ jelasnya.’’ Seleksi ini berjalan terbuka sehingga semua atlet bisa puas dan saya pastikan tidak ada atlet titipan dari pihak-pihak tertentu,’’ tegas dia.
Tim seleksi sendiri, kata pria murah senyum ini, terdiri dari beberapa orang.Mereka akan menilai skil, teknik hingga mental setiap karateka.’’ Ya, kalau item-item itu dipenuhi oleh atlet, maka peluang untuk terjun di Piala Mendagri semakin terbuka,’’ jelasnya.
Seleksi ini, lanjut Selang, dibagi menjadi dua tahap.Tahap pertama, akan dijaring 8 atlet.Jumlah atlet yang ada akan dipres lagi menjadi 6  atlet dan proses ini akan masuk di tahap kedua.’’ Pada tahap kedua, tim seleksi akan mencari sekitar 6 atlet terbaik  diantara jumlah yang ada,’’ jelas dia.
Dikatakan, seleksi tahap awal sudah berakhir kemarin dan tim seleksi sudah mendapatkan 8 atlet. Untuk jadwal  seleksi tahap kedua,  dikembalikan kepada tim seleksi.’’ Tahap selanjutnya tergantung tim seleksi.Saya ingin proses ini berjalan sesuai dengan skanario,’’ kata Selang.
Disinggung mengenai delapan atlet yang lolos seleksi tahap awal, Selang merincikan, delapan atlet yang lolos adalah, Evegelion Watimury (-52 kg), Rian Risamena (+70 kg), Teophilia Wakole (-47 kg), Estrnadito Rihulai (-68 kg),Frenska Pattikawa (48 kg), Saron Ririhena (53 kg), Valentino (-61 kg) dan Tessa di kelas -55 kg.’’ Untuk menduduki menduduki enam besar, mereka harus melewati fase kedua.Jadi mereka harus maksimal bila ingin mewakili Maluku di pentas nasional,’’ jelasnya.
Selang pun  berharap, proses ini bisa berjalan sesuai dengan aturan main.’’ Intinya, untuk mendapatkan atlet terbaik, maka teman-teman yang ada di tim seleksi harus bekerja sesuai aturan main,’’ pungkasnya. (ZAL)

Most Popular

To Top