Politik Transaksional Menuju Suksesi Ketua DPC Demokrat – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Politik Transaksional Menuju Suksesi Ketua DPC Demokrat

Masohi, AE.—Agenda Suksesi Politik memperebutkan posisi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Maluku  Tengah, Mei mendatang mulai menyebar cerita, tentang  upaya politik transaksional di tubuh partai berlambag bintang mercy itu.

Ada yang menjanjikan kendaraan, uang tunai hingga jabatan strategis dalam kepengurusan terpilih nantinya hanya demi meraih dukungan mayoritas pemilik suara. “Di antara beberapa nama, ada yang sudah menjanjikan motor. Termasuk uang tunai dan jabatan di partai,” beber sumber koran ini.
Sumber enggan merinci sosok oknum dimaksud. Pastinya, suksesi pemilihan ketua DPC Demokrat kali ini pasti seru dengan adanya sosok calon pemimpin partai seperti itu.  “Kalau sudah seperti ini.
Upaya penggunaan kekuatan lain juga akan dilakukan,” tutur sumber. Anggota DPRD Maluku Tengah dari Partai Demokrat, Jailani Tomagola mengakui isu yang berkembang.  Sebagai pribadi, wakil rakyat  dan anggota partai, dia mengaku tidak setuju dengan upaya-upaya menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. “Memang betul ada upaya–upaya transaksional. Tapi sebaiknya, proses pemilihan harus objektif  agar pemilihan dapat melahirkan pimpinan yang punya kemampuan disatu sisi dan restu semua struktur pengurus partai secara objektif di sisi yang lain,” sarannya.
Demokrat harus menjadi partai besar dibawah kepemimpinan yang baru nantinya.  Karena itu seyogyanya, pemilihan harus tetap berjalan secara baik. “Kandidat yang lahir melalui cara-cara yang tidak santun pasti tidak akan mampu membawa misi besar partai,   yaitu menjadikan partai sebagai sarana memperjuangkan kepentingan rakyat,” katanya mengingatkan.
Informasi berkembang, Tomagola juga disebut-sebut mendapat dukungan sejumlah struktur partai untuk ikut bertarung dalam perebutan kursi ketua Demokrat Malteng. Hanya saja, secara langsung ditolak dengan alasan ingin focus memperjuangkan kepentingan rakyat dalam kapasitasnya selaku  anggota DPRD Mateng. Adapula rekan  Tomagola di DPR Malteng yang secara terang-teranganya membidik kursi ketua DPR. “Secara terbuka, saya tidak bersedia  karena masih banyak kepentingan rakyat yang harus diperjuangkan.  Tidak tahu dengan rekan lain,” kata wakil rakyat  yang selalu tampil didepan dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Malteng ini. (MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!