Inkanas Maluku Gelar Kejurda Pertama – Ambon Ekspres
Olahraga

Inkanas Maluku Gelar Kejurda Pertama

Jefry : Persiapan Menuju Kejurnas

AMBON, AE.—Perguruan karate Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) Maluku akan melaksanakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Inkanas I. Event antar dojo Inkanas  itu akan digelar 15 Februari mendatang di Aula Lantamal Halong, Kota Ambon.

Ada beberapa kategori yang akan dipertandingkan di turnamen tersebut, diantaranya kelas pra pemula (10 -11 tahun) dipertandingkan KATA perorangan putra dan putri, kumite putra -30 kg dan +30 kg, serta kumite putri -25 kg dan +25 kg.
Kemudian, di kategori pemula (12-13 tahun) akan dipertandingka KATA perorangan bebas putra dan putri, kumite -45 kg putra dan putri, +45 kg putri, kumite -50 kg dan +50 kg putra, kumite-40 kg putri.Di kategori kadet (14-15 tahun kelas) yang mempertandingkan KATA perorangan bebas putra dan putri, kumite-52 kg, -57 kg, -63 kg, -70 kg, +70 kg putra dan kumite putri kelas -47 kg, -54 kg dan +54 kg.
Selanjutnya, ada pula kategori junior  (16 sampai 17 tahun).Di kategori ini akan dipertandingkan KATA perorangan bebas putra dan putri, kumite -55 kg, -61 kg, -68 kg, -76 kg, +76 kg untuk putra dan kumite kelas -48 kg, -53 kg, -59 kg, dan +59 kg untuk putri.
Sedangkan kategori senior (18 tahun ke atas) kelas yang dipertandingkan adalah KATA perorangan bebas putra dan putri, kumite putra di kelas -55 kg, -60 kg,-67 kg, -75 kg, -84 kg, +84kg dan kumite bebas putra, serta kumite putri kelas -50 kg, -55 kg, -61 kg, -68 kg, +68 kg.
Sekretaris Majelis Sabuk Hitam Inkanas Maluku, Jefri Dulanlebit menjelaskan, Inkanas Maluku akan menggelar kejuaraan daerah (Kejurda) untuk pertama kali dan akan digulirkan dalam waktu dekat.’’ Kejurda ini diikuti ratusan karateka yang datang dari sembilan dojo Inkanas yang ada di Kota Ambon dan sekitarnya.Selain ajang evaluasi pembinaan, event ini sekaligus untuk menuyusun ranking atlet,’’ terang Jefri kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.
Dikatakan, nantinya setiap atlet yang tampil sebagai juara pada setiap kelasnya, akan dipromosikan untuk melakoni kejurnas Inkanas di Bandung, Jawa Barat akhir bulan ini.’’ Atlet terbaik dalam kejurda nantinya dipersiapkan menghadapi event-event nasional,’’ katanya.
Dikatakan, Kejurda ini juga dijadikan sebagai ajang evaluasi pembinaan dan semoga ajang ini bisa membentuk generasi yang tangguh dan berkualitas.’’  Lahirnya karateka membawa nama Maluku berkibar dikancah nasional dan internasional adalah tujuan utama dari Kejurda kali ini,’’ beber dia.
Jefri menambahkan,  Kejurda juga diharapkan mampu meningkatkan kebersamaan sesama atlet, pelatih, dan pengurus, serta insan Inkanas  Maluku, sehingga Inkanas  yang saat ini memiliki sekira ratusan atlet tetap solid dalam meningkatkan pembinaan dan prestasi.’’ Kami butuh dukungan dari semua pihak agar event ini berjalan sesuai dengan skenario,’’ tutup Jefri mengharapkan. (ZAL)

Most Popular

To Top