Pejuang Asing Terus Masuki Suriah – Ambon Ekspres
Internasional

Pejuang Asing Terus Masuki Suriah

WASHINGTON, AE.—Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menyatakan lebih dari 20 ribu orang pejuang asing memasuki Suriah. Mereka berasal dari sedikitnya 90 negara.

Kepala Pusat Anti Terorisme Nasional Amerika Serikat (AS) Nick Rasmussen akan menyampaikan data tersebut dalam pertemuan dengan Komite Keamanan Nasional Kongres AS. Demikian seperti dikutip Reuters, Rabu (11/2/2015).
Seorang pejabat intelijen senior yang tidak mau disebutkan namanya membandingkan jumlah ini dengan angka “sekira 19 ribu orang” yang diumumkan Pemerintah AS pada pertengahan Januari 2015.
Meski demikian, frekuensi kedatangan para pejuang tersebut tidak teratur. Selain itu, peningkatan dalam perkiraan tersebut bukan berarti ada ratusan pejuang yang memasuki Suriah setiap minggunya.
Rasmussen akan menjelaskan kepada komite, setidaknya 3.400 pejuang asing di Suriah datang dari negara-negara Barat. Jumlah tersebut termasuk 150 warga negara AS. Dia menambahkan, sebagian besar dari para pejuang asing itu bergabung dengan tentara ISIS di Irak dan Suriah.
Dalam pernyataan lainnya, Kepala Departemen Intelijen Lembaga Keamanan Negara AS Francis X Taylor mengaku, tidak merasakan ada ancaman terhadap keamanan nasional AS. (OZ)

Most Popular

To Top