Presiden Terima Nama Calon Kapolri Baru – Ambon Ekspres
Trending

Presiden Terima Nama Calon Kapolri Baru

Jakarta, AE— Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah menyerahkan nama-nama calon kapolri pengganti Komjen Budi Gunawan. Nama-nama tersebut sudah diterima  oleh Presiden Jokowi.
“(Kompolnas) Menyerahkan surat, nama-nama rekomendasi, sudah dilihatkan Presiden, tetapi Presiden, sudahlah taruh di situ dulu,” kata Mensesneg Pratikno menirukan Jokowi. Hal itu dikatakan Pratikno di Istana Negara, Rabu (11/2).
Pratikno mengatakan pertemuan Kompolnas dengan Jokowi, Selasa (10/2) memang batal. Sebab, Presiden Jokowi ada pertemuan mendadak bersama Wapres JK. “Kompolnas memberikan list daftar nama yang panjang,” kata Pratikno yang  mengaku lupa siapa saja dalam daftar tersebut.
“Pokoknya yang disampaikan yang memenuhi syarat. Pertama syarat administrasi kepangkatan, kemudian setelah itu dibuat urutan oleh kompolnas. Kompolnas kan intinya memberikan pertimbangan kepada presiden,” tutupnya.
PENYIDIK
Sementara itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkap adanya pemanggilan  tidak sesuai prosedur terhadap beberapa penyidik di komisi yang  dipimpinnya. Pemanggilan terhadap penyidik KPK asal kepolisian itu dilakukan oleh Bareskrim Polri. “Ada pemanggilan-pemanggilan kepada struktural kami yang dilakukan tidak  pada tempatnya,” kata Bambang di gedung KPK, Rabu (11/2).
Guna merespon pemanggilan di luar prosedur, BW -sapaan Bambang- mengatakan bahwa pimpinan KPK telah melakukan protes kepada Wakapolri Komjen Badrodin Haiti. Namun, laporan kepada Wakapolri justru mengungkapkan fakta yang lebih mengejutkan lagi.
Bambang mengungkapkan, Badrodin mengaku tidak tahu menahu adanya pemanggilan terhadap pegawai struktural KPK. Pelaksana tugas (plt) Kapolri itu bahkan mengaku tidak setuju dengan cara-cara yang digunakan oleh Bareskrim itu terhadap penyidik kepolisian yang ditempatkan di KPK.
“Beliau (Badrodin, red) bilang tidak tahu serta menyatakan tidak setuju dengan panggilan-panggilan itu. Pak Wakapolri kaget, karena presiden jelas sudah dua kali menyampaikan jangan ada kriminalisasi,” tuturnya.
Lebih lanjut Bambang mengatakan, pimpinan KPK akan terus melakukan koordinasi dengan Wakapolri terkait masalah ini. Ia percaya Badrodin tidak akan menyepelekan tindakan Bareskrim tersebut.
“Menurut kami pimpinan Polri serius mendengarkan informasi kami dan kami meyakini pimpinan Polri akan mengambil langkah-langkah tepat dan tegas,” pungkasnya. (jpnn)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!