Komisi C Usul Nasionalkan Status Sejumlah Jalan di Leihitu – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Komisi C Usul Nasionalkan Status Sejumlah Jalan di Leihitu

Masohi, AE.—Untuk mengoptimalkan pengelolaan  dan pemanfaatan infrastruktur jalan di Kecamatan Leihitu, Komisi C mengusulkan peningkatan status sebagian besar jalan di wilayah itu, dari  jalan Provinsi menjadi jalan Nasional.

Usulan ini tidak berlebihan, mengingat status jalan sangat berpengaruh terhadap kondisi  jalan di wilayah itu  yang merupakan akses penghubung antar Kecamatan. Yakni,  Leihitu, Salahutu, Leihitu Barat,  bahkan penghubung dengan Kota Ambon.

Musriadin Labahawa, Anggota Komisi C DPRD Maluku Tengah mengungkapkan hal  ini kepada Ambon Ekspres di Masohi, Kamis (12/2).  “Ini hasil kunjungan kerja Komisi C ke Dinas PU Provinsi dan Balai Wilayah Sungai Maluku menyikapi  kondisi kerusakan mayoritas  infratruktur jalan di  Kecamatan Leihitu,” ungkapnya.

Dikatakan, usulan ini dikemukakan setelah komisi mendapati fakta bahwa minimnya perhatian terhadap kondisi  mayoritas jalan di Leihitu disebabkan status jalan.  Sementara, kualitas jalan diwilayah Leihitu sangat penting  untuk kelancaran arus trasnportasi sekaligus mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. “Dinas PU Provinsi mempunyai keterbatasan dari segi pengawasan,  karena banyaknya  infrastruktur jalan yang  jadi wilayah kerjanya yang membutuhkan perhatian.  Bila berstatus jalan Nasional, jaminan terpeliharanya  jalan lebih optimal. Itu alasan pengusulan komisi,” runutnya Sebagai representasi  warga Kecamatan Leihitu di Komisi C, Labahawa akan mengawal usulan ini hingga terealisasi.  “Infrastruktur jalan sangat penting bagi masyarkaat Leihitu. Sebagai wakil rayat dari Leihitu, rencana ini akan saya kawal,” cetusnya.

Ketua Komisi C Rasip Sahubawa membenarkan usulan tersebut.  Usulan komisi itu,  akan dikawal oleh Komisi.  “Selaku komisi yang membidangi ini, kita berkepentingan memastikan tersedianya sarana transportasi dari segi kwalitas dan kwantitas,”  katanyaa. (MYX)

Most Popular

To Top