Pemkab Akan Santuni Korban Konflik Haruku – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemkab Akan Santuni Korban Konflik Haruku

MASOHI, AE.—Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah  (Malteng) segera menyantuni korban konflik antara warga Kailolo dan Rohomoni termasuk korban dari warga Kabauw yang terkena imbas konflik negeri bertetangga itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah, Bob Rachmat mengatakan, seluruh korban di wilayah tersebut telah didata untuk diberikan bantuan. Sebelumnya, pihaknya sudah mendorong sejumlah bantuan tanggap darurat ke warga tiga negeri tersebut. “Sudah kita inventarisir korban baik korban luka berat, ringan maupun material,” ujar Bob kepada Ambon Ekspres di ruang kerjanya.

Bantuan yang disebutkan Bob meliputi tenda darurat selimut, tikar, kain sarung, kisswar, perelatan dapur serta sejumlah peralatan dapur lainnya. “Termasuk bantu biaya pengobatan korban warga kedua desa serta warga Kabauw yang terkena imbas konflik,” sebutnya di Masohi, Kamis,(12/2).

Ditambahkan, bantuan merupakan tanggung jawab pemerintah, namun masyarakat mesti memiliki kesadaran tinggi untuk tidak berkonflik. Olehnya, peran pemerintah negeri, tokoh agama, tokoh adat berikut semua eleman masyarakat dalam menjaga stabilitas dan persaudaraan yang diutamakan.

“Pemerintah prinsipnya memberi bantuan tapi bagaimana dengan kesadaran warga untuk tidak saling berkonflik,” imbuh Bob. Dengan demikian,  dia berharap warga agar membina dan menjaga hubungan persaudaraan melalui komunikasi dan peran aktif seluruh pemangku adat, pemerintah dan masyarakat di wilayah. (CR12)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!