Rilis Video Eksekusi, ISIS Tampilkan Kebrutalan – Ambon Ekspres
Internasional

Rilis Video Eksekusi, ISIS Tampilkan Kebrutalan

KOBANI, AE.—Kelompok militan ISIS kembali memperlihatkan kebrutalan mereka dalam sebuah video yang baru saja disebar. Dalam video tersebut terlihat seorang tahanan yang dieksekusi dengan tembakan jenis shotgun dari jarak dekat.

Video itu memperlihatkan tahanan yang diduga seorang tentara Suriah mengenakan seragam oranye seperti para tawanan ISIS sebelumnya. Di belakangnya, tampak seorang algojo yang mengenakan baju hitam dengan wajah tertutup.

Dilatarbelakangi suara musik Timur Tengah, sang algojo meneriakkan kata-kata dalam bahasa Arab, kemudian menangkap shotgun yang dilempar kepadanya. Beberapa saat kemudian, algojo menembak tahanan yang berlutut tersebut di bagian kepala.

Tindakan itu diulang beberapa kali sampai akhirnya muncul adegan yang menampilkan tubuh si tahanan yang tewas dalam genangan darah. Agak berbeda dengan cara eksekusi sebelumnya yang dilakukan dengan cara pemenggalan, eksekusi ini lebih mirip dengan cara kelompok mafia dan gangster di Amerika Serikat (AS) serta Inggris.

Sebelumnya, ISIS juga melakukan eksekusi dengan membakar hidup-hidup seorang pilot Yordania bernama Muath al Kaseasbeh.

Menurut data pengamat hak asasi manusia dari Suriah, sebagaimana dilansir Daily Mail, Kamis (12/2/2015), ISIS telah membunuh 2.000 orang di sana selama enam bulan terakhir. Korbannya kebanyakan warga sipil. ISIS juga telah melakukan eksekusi terhadap 120 anggotanya. Sebagian besar adalah warga asing yang mencoba kembali ke kampung halaman.

ISIS sendiri telah menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah. Mereka pun mendeklarasikan kekhalifahan di wilayah yang dikuasainya pada Juni 2014. Sejak itu, mereka terus terlibat pertempuran dengan Pemerintah Irak, Suriah, dan pejuang-pejuang Kurdi. (OZ)

Most Popular

To Top