Satu Kaki Barca di Final – Ambon Ekspres
Olahraga

Satu Kaki Barca di Final

Sempat kesulitan membongkar pertahanan Villarreal, Barcelona akhirnya mampu mengemas kemenangan 3-1 di pertandingan leg pertama semifinal Copa del Rey, Kamis (12/2) dini hari WIB. Dengan hasil ini, satu kaki raksasa Katalunya itu sudah berada di partai final.

Lionel Messi berhasil membuka keunggulan Barca di lima menit jelang babak pertama berakhir. Sempat disamakan Manu Trigueros pada menit 48, namun dua gol dari Andres Iniesta dan Gerard Pique sekaligus mengunci laga dengan kemenangan bagi tuan rumah.

Jalannya pertandingan Babak pertama
Kick off! Berlaga di hadapan pendukung sendiri, Barca langsung berusaha mengambil alih irama permainan sejak menit awal. Seperti bisasa trio Lionel Messi, Neymar Junior, dan Luis Suarez diplot sebagai juru gedor utama.

El Barca terus menekan pertahanan tim tamu, meskipun belum dapat melepaskan satu peluang berbahaya. Sementara itu, Villarreal lebih memilih untuk bertahan dan sesekali melakukan serangan balik cepat ketika bola berhasil direbut.

Peluang pertama Barca tercipta dari kaki Messi pada menit 11. Berawal dari umpan satu-dua sentuhan dengan Suarez, namun sayang tembakan yang dilepaskan La Pulga masih lemah dan bisa ditangkap oleh kiper tim tamu, Sergio Asenjo.

Pertahanan Villarreal terlihat sangat baik dalam mengantisipasi sejumlah serangan yang dilancarkan tuan rumah. Jelas, kondisi ini merupakan pelajaran dari kekalahan yang mereka terima di pentas La Liga beberapa waktu yang lalu.

Lagi-lagi Messi belum beruntung untuk mencetak gol perdana dalam pertandingan ini. Mendapat bola sodoran dari Andres Iniesta di menit 28, plessing sang penyerang masih melambung tinggi ke atas mistar gawang.

Memasuki setegah jam pertandingan berjalan, Villarreal hampir tanpa peluang satu pun. Usaha mereka hanya mengandalkan serangan balik, namun sayang selalu dapat diputus oleh Gerard Pique dan Jeremy Mathieu.

Gol! Akhirnya usaha Messi membuahkan hasil di menit 40. Berawal dari aksi individu yang dilakukan Suarez dari saya kanan pertahanan Villarreal, dan langsung melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. La Pulga yang tanpa kawalan lantas menyelesaikan menjadi sebuah gol. 1-0 Barca unggul.

Hingga peluit panjang tanda turun minum dibunyikan, keunggulan 1-0 Barca tetap terjaga. Jalannya pertandingan di paruh kedua bisa semakin sengit, apabila Villarreal berani meningkatkan intensitas serangan.

Babak kedua
Lengah di menit awal interval kedua, Barca harus memungut bola dari gawang sendiri setelah Manu Trigueros melepaskan tendangan keras dari luar kontak penalti. Tepat di menit 48 Villarreal berhasil menyamakan kedudukan 1-1.

Tak Butuh waktu lama, satu menit berselang Iniesta kembali membuat tuan rumah memimpin melalui kemelut di depan mulut gawang Asenjo dan 2-1 Barca kembali unggul. Pertandingan pun bisa dibilang semakin seru, dengan tim tamu berani tampil keluar dan menyerang.

Pique sukses memperlebar jarak keunggulan Barca menjadi 3-1. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Messi, bek Timnas Spanyol itu langsung menyambut dan menanduk bola hingga menghujam keras gawang Villarreal di menit 64.

Unggul dua angka, permainan Blaugrana pun lebih melamban dan tidak terlalu menerapkan pressing ketat seperti di babak pertama. Namun usaha untuk mendulang gol berikutnya tetap terlihat.

Tak banyak yang bisa El Submarino Amarillo -julukan Villarreal- setelah tertinggal dua gol. Memasuki 10 menit jelang bubaran, mereka lebih banyak menunggu di area pertahanan sendiri dan tetap memaksimalkan serangan balik.

Namun demikian, sampai tambahan waktu empat menit yang diberikan sang pengadil lapangan berakhir, skor 3-1 tetap terjaga di Camp Nou. Dengan kemenangan ini, usaha untuk mencapai partai final Copa del Rey semakin terbuka lebar. (FMH)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!