Tahun Ini, Asprov PSSI Maluku Gelar 4 Kompetisi – Ambon Ekspres
Olahraga

Tahun Ini, Asprov PSSI Maluku Gelar 4 Kompetisi

Sofyan : Bagian Dari Program Kami

AMBON, AE.—Kompetisi Amatir bakal ramai diselenggarakan di tahun 2015 ini. Ya, PSSI Maluku melalui Komite  Kompetisi dan Pertandingan akan menggelar empat  kompetisi  di awal tahun ini, yakni Jhon Mailoa Cup (JMC), Piala U-15 PSSI, Piala Soeratin (U-17) dan Liga Nusantara (LN).

Keputusan untuk menggelar kompetisi ini diputuskan dalam Kongres PSSI Maluku akhir Desember  lalu di Hotel Marina, Kota Ambon. Dan penetapan jadwan pelaksanaannya ditetapkan saat rapat Exco di Sekretariat Asprov akhir pekan lalu.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Indonesia (Asprov PSSI) Maluku, Sofyan Lestaluhu memaparkan, dalam tahun ini, empat agenda di atas akan dilaksanakan.Ini membuktikan bahwa bahwa keinginan dan semangat kami untuk mengembangkan sepakbola di negeri Raja-raja ini masih ada dan akan tetap ada sampai kapan pun.’’ Untuk JMC dimulai 22

Februari.Sementara Piala U-15 PSSI dan Piala Soeratin digelar 15 Maret nanti.Kalau Liga Nusantara diputar 12 April mendatang.Sebelum digelar, klub peserta harus mendaftar ke Asprov,’’ jelas Sofyan kepada Ambon Ekspres di Ambon, Kamis (12/2).

Alumni UKI Jakarta ini menuturkan, untuk Piala Soeratin ada batasan usai pemain maksimal kelahiran 1 Januari 1998.’’ Verifikasi Piala Soeratin tingkat provinsi pada tanggal 12-13 Maret 2015.Babak pendahuluan April hingga Agustus.Regional September dan Babak Nasional (16 Besar) bulan Oktober hingga Desember,’’ beber Sofyan.

Ayah dari Muhammad Neymar Lestaluhu ini juga membeberkan ada satu kompetisi baru yang diputar oleh PSSI yakni Piala U-15 yang notabene maksimal pemain kelahiran 1 Januari 2000.’’ Verifikasinya tetap juga di tingkat provinsi  dan jadwal pelaksanaannya hampir sama dengan Piala Soeratin,’’ jelasnya.’’ Untuk LN (Liga Nusantara) masih tetap seperti tahun kemarin,’’ sambung dia.

Regulasi masing-masing kompetisi, kata Sofyan, dipastikan akan segera disusulkan.’’ Ini juga bagian dari program PSSI dan saya harap klub peserta bisa mempersiapkan timnya untuk terjun di kompetisi tersebut,’’ demikian Sofyan.

Dibagian lain, Rony Soenarjo, Anggota Exco Asprov PSSI Maluku mengatakan, pihaknya siap  menggelar kompetisi di atas.’’ Ini adalah kelanjutan dari program yang telah ada sesuai dengan program PSSI Maluku di tahun ini,’’ katanya.

Rony menjelaskan, tempat pertandingan akan dipusatkan di beberapa lapangan, yakni Lapangan Matawaru Tulehu dan Lapangan Masariku Waiheru.’’ Latar belakang kompetisi usia muda adalah karena ini masa krusial di mana nantinya usia itu berkesinambung dengan level Timnas,’’ terangnya.

Mantan Sekum PSSI Maluku ini berharap muncul bakat-bakat terbaik dalam kompetisi ini, yang nantinya bisa berguna untuk membantu PSSI Maluku dalam menyusun Tim Maluku di masa depan.’’ Kami ingin kompetisi ini berkelanjutan, bukan hanya tahun ini saja, tapi juga di tahun-tahun mendatang,’’ ujarnya.

Untuk usia muda, tambah Rony, kami akan menggunakan format kompetisi penuh.Tim yang juara ditentukan berdasarkan raihan poin tertinggi di kompetisi tersebut.’’ Durasi waktu pertandingan adalah 2×35 menit, sesuai peraturan AFC untuk laga usia muda,’’ pungkas Rony. (ZAL)

Most Popular

To Top