Taiwan Minta Maskapai Tinjau Protokol Keselamatan – Ambon Ekspres
Internasional

Taiwan Minta Maskapai Tinjau Protokol Keselamatan

TAIPEI, AE.—Pemerintah Taiwan telah meminta semua maskapai meninjau kembali protokol keselamatan mereka. Pernyataan ini dikeluarkan setelah Otoritas Penerbangan Taiwan (CAA) menyatakan 10 dari total 49 pilot ATR TransAsia gagal dalam ujian lisan. Sebanyak 19 pilot tidak mengikuti ujian dengan alasan sakit atau sedang tidak berada di Taiwan.

“Hasil ini tidak dapat diterima. Kami akan memperketat latihan mereka,” demikian kata Pimpinan Eksekutif TransAsia Peter Chen, di dalam konferensi pers, yang dikutipReuters, Rabu (11/2/2015).
Pilot-pilot yang gagal dan tidak mengikuti ujian telah diskors. Ujian ini dilakukan setelah pesawat ATR 72-600 milik TransAsia jatuh di Taipei dan menewaskan 42 penumpangnya.

Ujian yang diadakan oleh petugas CAA dan pilot dari maskapai saingan Uni Air. “Peserta ujian yang gagal akan diskors selama satu bulan. Mereka akan diberikan waktu satu bulan lagi untuk mempersiapkan diri untuk ujian selanjutnya. Jika mereka gagal lagi maka mereka akan dipecat,” kata salah satu pilot yang mengadakan ujian.

TransAsia penerbangan GE235 tersebut meluncur di antara gedung-gedung, menabrak jalan layang dan terjatuh ke dalam sungai dangkal sesaat setelah lepas landas dari bandara di pusat kota Taipei, Rabu minggu lalu (4/2/2015).

Sejak jatuhnya pesawat tersebut, TransAsia telah membatalkan 142 penerbangan. Data penerbangan pesawat nahas itu mencatat hilangnya tenaga akibat matinya salah satu mesin pesawat setelah lepas landas. Kru pesawat kemudian mematikan satu mesin lain yang masih hidup, dan mencoba untuk menyalakannya kembali sesaat sebelum pesawat jatuh.

Pesawat komersial tetap dapat terbang meskipun salah satu mesin mengalami kegagalan. Pihak yang berwenang masih belum mengeluarkan informasi mengenai alasan sang pilot mematikan mesin yang masih menyala. (OZ)

Most Popular

To Top