Tersangka Raskin Batu Merah Belum Ditahan – Ambon Ekspres
Metro Manise

Tersangka Raskin Batu Merah Belum Ditahan

AMBON, AE— Idham Samin (IS) akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon terkait kasus dugaan korupsi dana raskin di desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Setelah mengantongi dua alat bukti, akhirnya jaksa resmi menjerat IS yang merupaan pengelola raskin Desa Batu Merah sebagai tersangka. Namun hingga kini penyidik belum melakukan penahanan terhadap tersangka.

Kasipidsus Kejari Ambon, Marvie de Queljoe saat dikonfirmasi mengatakan, IS ditetapkan sebagai tersangka karena penyidik telah mengantongi sejumlah bukti yang mengarah pada tindak pidana korupsi. Dalam hal ini telah ditemukan adanya kerugian negara. “Ada indikasi korupsi sehingga jaksa telah menetapkan IS sebagai tersangka,” kata Marvie kepada koran ini, kemarin.

Selain itu, lanjut Marvie, jaksa akan mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi-saksi guna memperkuat bukti yang ada. Penyidik, lanjut dia, juga sudah mengantongi hasil raskin yang diperuntukkan bagi masyarakat Batu Merah dari Perum Divisi Regional (Divre) Bulog Maluku dan Maluku Utara dan terbukti ada penyelewengan.

Marvie mencontohkan, tahun 2014, dari anggaran sebesar Rp 270 juta, ternyata ada empat RT yang tidak memperoleh raskin dan ini pengakuan dari empat ketua RT sendiri. Selain dilakukan pemeriksaan terhadap empat ketua RT, kata dia, tim penyidik juga telah memanggil sejumlah pihak terkait untuk dimintai keteranganya ketika kasus itu masih bergulir di tahap penyelidikan.

Ditahap itu, penyidik telah memeriksa puluhan orang, termasuk Plt Raja Batu Merah, Camat Sirimau dan beberapa saksi lainnya.
(AFI)

Most Popular

To Top