Lucu, Miskin Tapi Bahagia – Ambon Ekspres
Trending

Lucu, Miskin Tapi Bahagia

JAKARTA, AE— Gubernur Maluku Said Assagaf menyindir hasil survei yang menyebutkan Maluku merupakan provinsi paling bahagia. Berada pada peringkat dua setelah Provinsi Riau.

Menurut dia, bila Riau menjadi provinsi dengan rakyat bahagia, itu masuk akal, karena merupakan salah satu provinsi kaya. APBD-nya juga tinggi disebabkan banyak wilayah industri.
“Laporan ini bikin saya bingung, BPS bilang kita masih peringkat 4 provinsi termiskin. Tapi yang lucu adalah index kebahagiaan, kita peringkat dua. Jadi masyarakat yang tinggal di Maluku bahagia,” Kata

Assagaf, saat rapat koordinasi dengan para anggota DPR dan DPD RI dapil Maluku di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Assagaf mengatakan, survei tersebut sangat lucu. “Coba anda berpikir, orang merasa bahagia tinggal di Maluku. Dan peringkat 2. Itu kan lucu. Kalau miskin tak mungkin orang merasa bahagia tinggal di Maluku,” Kata Assagaf.

Dia mempertanyakan, bagaimana mungkin persepsi ini muncul. “Sebab survei bilang kita provinsi termiskin peringkat 4. Tapi di sisi lain, dibilang kita orang Maluku paling bahagia. Bagaimana mungkin orang miskin tapi bahagia,” Katanya lagi.

Di sisi lain, dalam rapat tersebut, ikut hadir juga Mercy Barends yang duduk di Komisi VII, membidangi Energi Pertambangan dan Migas. Dia memaparkan, arah kebijakan anggaran pemerintah, terletak pada beberapa hal, pertama yakni efesiensi, sehingga anggaran diarahkan pada infrastruktur, agraris, kemaritiman, pendidikan dan kesehatan. Termasuk isu perhubungan yang mendapat perhatian serius.

Adapun anggota DPD RI, Nono Sampono mengatakan, DPD RI lebih fokus pada kedaerahan, ada produk yang dihasilkan adalah seperti RUU Kelautan.
“Ada perbedaan jika DPR memiliki 11 komisi di DPD hanya punya 4 Komite yang fungsinya sama dengan komisi. Tentu kita akan berusaha untuk membantu Pemda Maluku dalam rangka membangun Maluku. Kami senang dan sangat gembira karena gubernur memfasilitasi pertemuan ini. Kami pernah bermimpi untuk adanya kegiatan seperti ini,” Kata Nono Sampono.
(fmc)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!