Muhammadiyah Sakit Hati dengan PAN – Ambon Ekspres
Politik

Muhammadiyah Sakit Hati dengan PAN

JAKARTA,AE— Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menilai Partai Amanat Nasional kurang menjaga hubungan baik sehingga banyak warganya yang kecewa dan tidak memilihnya pada pesta demokrasi Pemilihan Umum. Padahal, Muhammadiyah dianggap sebagai salah satu elemen membidani kelahiran PAN.

“Meski PAN bukan Muhammadiyah dan sebaliknya, namun saya mengamati sekarang ini PAN kurang menjaga hubungan baik dengan Muhammadiyah,” kata Din kepada awak media di Surabaya, Jawa Timur, seperti dilansir dari Antara, Sabtu (14/2).

Menurut Din, Muhammadiyah tidak punya hubungan khusus dengan PAN. Tetapi dia mengakui secara sosiologis politis dan berdasarkan pengamatan masyarakat, konstituen PAN itu sebagian adalah warga Muhammadiyah. ”Karena itu, kalau warga Muhammadiyah kecewa maka yang rugi adalah PAN sendiri. Ini harus segera disadari,” kata Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Din yang mengaku tidak memiliki kepentingan apapun terhadap PAN juga melihat partai yang bentukan Amien Rais itu berjalan sendiri. Dia menganggap pimpinan partai kini seolah tidak lagi membutuhkan keikutsertaan warga Muhammadiyah. ”Pesan saya, rawatlah hubungan baik dengan warga Muhammadiyah. Walaupun sebenarnya tidak hanya PAN karena partai politik lain memiliki sejarah baik dengan Muhammadiyah,” ucap Din.

Soal Kongres PAN direncanakan pada 28 Februari sampai 2 Maret 2015 di Bali, Din mengaku tak mau ikut campur. Dia juga enggan berkomentar tentang siapa sosok calon ketua umum ideal memimpin partai itu buat lima tahun mendatang.”Kalau ditanya secara pribadi tentang kongres PAN, emang gue pikirin?” jawab Din.

Kendati demikian, Din hanya berpesan kepada pemimpin PAN mendatang agar jangan meninggalkan konstituen, khususnya warga Muhammadiyah.(did)

Most Popular

To Top