Segera Pecat Yance Wenno – Ambon Ekspres
Trending

Segera Pecat Yance Wenno

AMBON,AE— Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Maluku diminta memecat Yance Wenno dari kursi Ketua DPD Partai Golkar Kota Ambon. Wenno dinilai sudah tidak pantas menjabat karena melanggar konstitusi partai.

Permintaan ini disampaikan Wakil Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD II Golkar Kota Amon, Max Hehanussa kepada Ambon Ekspres, via seluler, Minggu (15/2). Menurut Hehanussa, konsolidasi partai akan terhambat jika dipimpin ketua yang tidak punya konsistensi terhadap partai.

“Jadi, saya meminta DPP dan DPD Golkar Maluku versi Aburizal Bakrie untuk segera memecat dan mengangkat Caretaker menggantikan posisi Wenno. Ini demi kelancaran agenda partai,” kata Hehanussa.

Yance Wenno yang merupakan mantan wakil ketua DPRD Kota Ambon ini pada awalnya bersama kubu Aburizal Bakrie mengikuti Musyawarah Nasional (Munas) Golkar di Bali. Namun, Wenno kembali menghadiri Munas versi Agung Laksono yang dilaksanakan di Jakarta.

Hehanussa melanjutkan, salah satu agenda penting partai yang harus dilakukan saat ini mendudukan infrastruktur partai untuk menghadapi Musyawarah Daerah (Musda) DPD Golkar Maluku yang direncanakan pada bulan April. Selain itu, kesiapan partai melaksanakan Musda DPD II.

“kami prihatin dengan kondisi DPD Golkar Kota Ambon, karena saat ini tidak bekerja secara maksimal. Apalagi Musda provinsi sudah dekat. Kemudian diikuti DPD II Golkar kabupaten/kota, termasuk Ambon. Maka kita harus siap,” katanya.

Soal isu adanya upaya pendekatan yang dilakukan Yance Wenno terhadap Ketua DPD I Golkar Maluku, Zeth Sahuburua untuk kembali ke kubu ARB, Hehanussa menepisnya. Bahkan kata dia, jika ada upaya itu, tidak akan ada respon apalagi sampai diterima pengurus Golkar Maluku.

“Saya yakin akan ada tindakan dari DPD Golkar Maluku, karena sudah sinyal. Jadi saya kira tidak ada lagi ruang negosiasi atau pendekatan kepada DPD Golkar Maluku. Apalagi beberapa kali rapat dengan DPD I tetap tidak dihadiri ketua DPD II Kota Ambon,” urainya.

Sementara itu, salah satu narasumber Ambon Ekspres mengaku,  memang ada upaya pendekatan dengan Zeth Suhuburua yang dilakukan Yance Wenno. Namun, dia tidak memastikan apakah akan berhasil atau tidak.

“Saya lihat seperti itu. Mungkin karena merasa akan diberhentikan dari jabatannya sebagai Ketua DPD Golkar Kota Ambon. Apakah bisa diterima kubu ARB, terutama pak Ethy, saya belum tahu,”ungkap sumber itu.

Yance Wenno saat dikonfirmasi soal isu tersebut, tidak memberikan keterangan sampai berita ini dinaikan. SekAdar tahu, Djamil Devinubun, Hendrik Jauhari Oratmangun dan Paulus Mantulametten merupakan pengurus DPD Golkar Maluku yang mengikuti Munas Jakarta.

Terhadap sikap Paulus dan kawan-kawan, DPD Golkar versi Munas Bali telah mengambil langkah persuasif dan penekanan. Dalam sebuah rapat di kantior DPD Golkar Maluku, Karang Panjang, satu pekan lalu (8/2), terdapat dua kesepakatan. Pertama melakukan konsolidasi sambil menunggu instruksi DPP soal pelaksanaan Musda.

Kedua, mempersilakan kubu Agung Laksono bergabung dalam tenggat waktu tertentu. Jika tidak ditanggapi, maka dipecat sesuai dnegan aturan partai apabila sudah ada keputusan tetap soal kepengurusan Golkar yang sah.
(TAB)

Most Popular

To Top