DPP Batalkan Usulan DPD PDIP – Ambon Ekspres
Trending

DPP Batalkan Usulan DPD PDIP

Soal Calon Ketua PDIP Maluku

AMBON,AE— DPP PDIP tiba-tiba memutuskan mengubah, mekanisme penentuan calon Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebelumnya hanya diusulkan 9 nama bakal calon untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, 19 Februari mendatang di Makassar, kini DPP mengakomodir 19 nama yang pernah ikut dalam penjaringan di tingkat pengurus anak cabang beberapa waktu lalu.

Perubahan mekanisme ini ditengarai sebagai dampak dari proses penjaringan bakal calon Ketua DPD PDIP Maluku pada tingkatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang  sudah menyalahi SK 026 tentang penjaringan Ketua DPC dan DPD PDIP. Salah satu pelanggaranya adalah pemalsuan data dan tanda tangan.

Kecurangan ini disoroti DPP dengan menurunkan beberapa fungsionaris. Mereka langsung ke PAC dan DPC yang melakukan pelanggaran. Hasilnya, ditemukan pelanggaran. DPP PDIP kemudian memutuskan untuk dilakukan penjaringan ulang. Namun, penjaringan ulang ini tidak menyelesaikan masalah, karena friksi di tubuh DPD PDIP sudah kian tampak.

DPP PDIP melalui Koordinator Tim Monitoring Konsolidasi partai untuk Sulawesi Selatan dan Maluku, Baltazar Tarigan memberikan peringatan keras, bahwa akan mengakomodir kader diluar partai jika masih terjadi konflik.

Wakil ketua DPD PDIP Provinsi Maluku bidang Organisasi, Kaderisasi dna Keanggotaan (OKK), Lucky Wattimury mengaku, 19 orang yang akan mengikuti fit and proper test merupakan akumulasi dari semua nama bakal yang diusulkan saat penjaringan. Baik pada tingkatan PAC maupun DPC serta hasil rapat di DPD PDIP Maluku.

“Hal penting yang perlu ditegaskan adalah ternyata yang ikut tes di Makassar itu tidak hanya 9 nama yang sudah ditetapkan oleh DPD PDIP Maluku sebagai balon. Akan tetapi semua balon yang diusulkan Pimpinan Anak Cabang, Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Itu berarti sebanyak 19 balon ketua DPD PDIP Maluku yang akan mengikuti tes,” ujar Wattimury kepada Ambon Ekspres via seluler, Senin (16/2).

Mereka yang diikutsertakan pada uji kelayakan dan kepatutan di luar penetapan DPD PDIP Maluku, yakni Karel Albert Ralahalu, Bitzael S Temmar, Tagop Soulissa, Barnabas Orno, Grace Pattiasina, Benhur G Watubun, Semmy Resmol, Nicholas Ralahalu, Jafet Damamain dan Nahwan Matdoan.

Sementara yang ditetapkan dalam rapat pleno, diantaranya Lucky Wattimuri, Edwin Adrian Huwae, Evert Herman Kermite, Mercy Barends, Sugeng Kowangit, Hendrik Sahureka, Paulus Werembinan, Jihan Rahantiknan, dan Tady Salampessy.

Wattimuri menjelaskan, uji kelayakan dan kepatutan oleh DPP PDIP yang dilaksanakan di Makassar, akibat banyaknya bakal calon ketua DPD. Bukan hanya Maluku, daerah lainnya yang masuk di kawasan Indonesia timur seperti Sulawesi Selatan, Maluku Utara dan Papua juga diseleksi di Makassar.

“Mengingat banyal bakal calon, maka kegiatan dilakukan per wilayah. Untuk di Makassar, dikhususkan untuk daerah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Papua. Tanggal 18 Februari (besok) diharapkan semua bakal calon sudah lapor diri di DPD Sulawesi Selatan,” ungkap mantan calon Walikota Ambon ini.

Soal adanya isu uji seleksi terhadap 19 orang bakal calon ini merupakan implikasi dari dinamika konlfik yang saat penjaringan, Wattimury tidak menjawab. Kata dia, apapun keputusan DPP harus diikuti.
“DPP punya kewenangan untuk menentukan. Kita (DPD) hanya ikut saja. Makanya sebagai Wakabid OKK, keputusan DPP ini sudah saya sampaikan kepada Ketua DPD, pelaksana Sekretaris DPD dan semua balon ketua DPD,”kata dia.

Salah satu wakil ketua DPD PDIP Maluku, Rury Moenandar mengaku, sebenarnya terdapat 19 nama bakal calon ketua DPD yang dikirim ke DPP. Namun demikian, dia tidak menjelaskan secara detail apakah 9 nama yang ditetapkan melalui mekanisme rapat pleno akan digugurkan atau tidak.

“Memang nama-nama yang dikirim ke Jakarta itu sebanyak 19 orang. Kemudian 9 orang yang pada awalnya disampaikan ke publik itu, khan ada dinamika yang berkembang dalam rapat DPD PDIP Maluku waktu itu,” singkat Moenandar saat ini konfirmasi soal kepastian 19 nama.(TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!