Letak Sekolah Pengaruhi Faktor Tawuran – Ambon Ekspres
Pendidikan

Letak Sekolah Pengaruhi Faktor Tawuran

Letak sekolah yang jauh dari tempat tinggal siswa ternyata salah satu faktor penyebab terjadinya tawuran pelajar. Demikian ungkap salah satu pengamat pendidikan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Prof. Dr. J. Anaktototy.

Siswa jangan dibiarkan berjalan atau sekolah terlalu jauh dari tempat tinggalnya, karena itu bisa memicu tawuran,” kata guru besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut.

Untuk itu, katanya, Dinas Pendidikan Kota Ambon harus melakukan pendataan kebutuhan sekolah per daerah sesuai dengan jumlah penduduk usia sekolah.

Hal tersebut dilakukan untuk mencukupi kebutuhan sekolah pada suatu wilayah, sehingga siswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk ke sekolah.

“Seharusnya siswa bersekolah di dekat atau kawasan tempat tinggalnya untuk menghindari biaya transportasi yang besar dan menghindari tawuran. Dengan begitu, pelajar akan fokus dengan pelajaran mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut untuk Kota Ambon, katanya, tidak perlu lagi membuka sekolah umu atau SMA. Tapi seharusnya lebih memperbanyak Sekolah kejuruan atau SMK. “Ini soal kebutuhan,” katanya. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!