Pencuri Merajalela, Warga Malteng Resah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pencuri Merajalela, Warga Malteng Resah

MASOHI, AE.—Aksi pencurian di Kabupaten  Maluku Tengah, terus meningkat. Aksi pencurian tak hanya di Kota Masohi, para pencuri juga melancarkan aksinya di kecamatan lain. Hanya saja, pelaku pencurian yang meresahkan warga, belum juga di bekuk aparat kepolisian.

Informasi yang dikumpulkan Koran ini,  kemarin, setidkanya medio Januari 2015 hingga saat ini, tercatat puluhan aksi pencurian. Sejumlah barang yang berhasil dicuri ditaksir ratusan juta rupiah. Selain rumah warga menjadi sasaran pencuri, tempat usaha yang beromset puluhan hingga ratusan juta menjadi sasaran para pencuri.“Selain  terkadi aksi pencurian di toko saya, pencurian juga terjadi di Toko Julia. Pencurian juga terjadi di sejumlah tempat di Kecamatan Tehoru  dan Kecamatan Amahai. Saya sendiri menderita kerugian  sekitar Rp. 40 juta hingga Rp. 50 juta,” ungkap  Theimailatu, pemilik toko Hoki.

Dia menduga, tingginya aksi pencurian yang terjadi ada sindikat. Target mereka di Kota Masohi dan kecamatan sekitar. “Kejadian yang saya alami nyaris sama dengan yang terjadi di beberapa tempat.  Tapi prinsipnya, apapun latar belakang atau motifnya, pastinya, pihak kepolisian mampu mengungkap hal ini,” optimisnya.

Kasat Reskrim Polres Maluku Tengah, AKP Fontein Aritonang membenarkan pengakuan Theimailatu. Menurutnya, beberapa kasus pencurian yang terjadi menunjukan adanya kesamaan motif. “Kita masih melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus ini untuk mengungkap para pelaku pencurian yang kerap beraksi akhir-akhir ini,” tandasnya.

Diakui, kerugian yang terjadi dari sejumlah rangkaian kasus pencurian sudah mencapai ratusan juta rupiah. “Kasus pencurian Laptop terhadi di belakang Hotel Irene, Motor Mio, Notebook, HP Black Berry terjadi di Letwaru, Motor Yamaha RX King  dicuri di  Dusun SIon, dan pencurian di Kantor Pos Masohi. kasus pencurian di Kecamatan Tehoru dan Kecamatan Amahai  bisa langsung juga terjadi tapi dilaporkan di polsek dimaksud,” ungkap  FOntein.

Hasil penyelidikan dan penyidikan , ujar Fontein, telah mengarah kepada pelaku. Sejumlah barang curian ada yang sudah berhasil diamankan. “Ini akan kita telusuri hingga tuntas,” pungkasnya.
(MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!