Sindikat Hacker Bobol Bank Senilai Jutaan Dolar – Ambon Ekspres
Internasional

Sindikat Hacker Bobol Bank Senilai Jutaan Dolar

PALO ALTO, AE.—Sebuah sindikat peretas, diduga telah mencuri USD1 miliar atau sekira Rp12 trilun dari bank-bank di seluruh dunia. Jumlah ini adalah pembobolan bank terbesar yang pernah ada. Laporan mengenai pembobolan ini akan dikeluarkan oleh perusahaan keamanan asal Rusia, Kaspersky Lab, Senin 16 Februari 2015, di Konferensi Keamanan di Cancun, Meksiko.

Kaspersky Lab menyatakan pembobolan ini terjadi pada lebih dari 100 bank dan institusi finansial di 30 negara, dan dilakukan tanpa tanda-tanda yang biasanya tampak pada sebuah perampokan.

Kebanyakan bank yang menjadi sasaran perampokan tersebut adalah bank Rusia. Namun, beberapa bank dari Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Eropa juga terlihat di daftar target yang dibobol.

The New York Times melansir pada Senin (16/2/2015), belum ada bank yang mengakui bahwa institusi mereka telah menjadi korban perampokan tersebut. Kaspersky Lab juga menyatakan mereka tidak dapat membuka nama-nama bank tersebut, karena adanya perjanjian untuk merahasiakannya. Petugas dari Gedung Putih dan Biro Penyelidikan Federal AS (FBI) telah diinformasikan mengenai pembobolan tersebut.

Isu ini kemungkinan dibahas oleh Presiden AS Barrack Obama dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Gedung Putih mengenai kemananan cyber dan perlindungan konsumen di Stanford University pada Jumat depan.

Obama akan mendesak pengesahan undang-undang yang mengharuskan adanya pengumuman publik jika ada kebocoran pada data pribadi atau data keuangan.

Kelompok peretas ini menggunakan malware yang diselundupkan ke komputer internal bank. Malware ini kemudian merekam semua aktivitas bank tersebut. Data rekaman berisi informasi bank ini akan dikirim balik ke kelompok peretas, kemudian menyamar menjadi petugas bank dan memindahkan sejumlah dana dari bank-bank itu ke rekening palsu yang telah dibuat di negara lain. Sindikat ini diduga telah aktif sejak akhir 2013.

Kaspersky Lab didirikan pada 1997, dan merupakan perusahaan keamanan cyber terkemuka di Rusia. Pendirinya, Eugene Kaspersky, mempelajari kriptografi di sekolah menengah atas yang didanai KGB dan Departemen Pertahanan Rusia. Dia pernah bekerja untuk Militer Rusia sebelum mendirikan perusahaannya. (OZ)

Most Popular

To Top