Lawan ISIS, AS Rekrut 1.200 Pejuang Suriah – Ambon Ekspres
Internasional

Lawan ISIS, AS Rekrut 1.200 Pejuang Suriah

WASHINGTON, AE.—Pemerintah Amerika Serikat (AS) sejauh ini telah mengidentifikasi sekira 1.200 pejuang oposisi Suriah yang potensial untuk bergabung bersama pasukan militer AS. Program itu dibuat untuk membantu melatih dan mempersenjatai mereka agar siap menghadapi pertempuran dengan ISIS.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (19/2/2015), berdasarkan keterangan salah seorang pejabat AS, para pejuang oposisi Suriah akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu untuk masuk program tersebut.

Diharapkan program tersebut akan dimulai pada Maret nanti di beberapa lokasi di luar Suriah.
Pejabat AS juga berharap program itu dapat melatih lebih dari 5.000 pejuang Suriah dalam setahun, atau setidaknya 3.000 pejuang dapat dilatih pada akhir 2015.

Mendengar rencana program Pemerintah AS tersebut, Turki, Arab Saudi, dan Qatar secara terbuka telah menawarkan untuk menjadi tuan rumah program pelatihan. Bahkan, Yordania secara pribadi menawarkan untuk bergabung.

Di Pentagon, juru bicara Laksamana John Kirby menolak untuk menentukan secara spesifik lokasi mana yang akan dipilih menjadi tuan rumah program ini. “Kurang lebih ada 1.200 pejuang yang telah diidentifikasi berpotensi untuk masuk program ini. Mereka akan dilatih di suatu lokasi, namun saya belum bisa memberikan informasi spesifik saat ini,” ujar Kirby.

Sebelumnya, Pentagon memperkirakan bahwa lebih dari 400 prajurit AS, termasuk pasukan operasi khusus, akan melatih para pejuang Suriah dalam program itu. Kirby bahkan memperkirakan 1.000 prajurit AS akan terlibat dalam pelatihan dengan para pejuang Suriah.
(OZ)

Most Popular

To Top