Membangkitkan Industri Pariwisata di Malteng – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Membangkitkan Industri Pariwisata di Malteng

UNTUK membangkitkan industri pariwisata yang kuat, perlu sebuah komitmen antara pihak eksekutif (pemerintah), legislatif (DPRD) serta masyarakat. Dengan demikian, dalam pengelolaannya bisa mendatangkan investor dan tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Hal tersebut diutarakan Wakil Bupati Maluku Tengah (Malteng), Marlatu Leleury di Masohi, belum lama ini.

Sejumlah kawasan wisata di Kabupaten Maluku Tengah  kata Leleury, diharapkan bisa menggeliat. Apalagi, sudah  didukung dengan potensi alam yang menjanjikan seperti Tanjung Kuako, Pantai Ora, Pantai Natsepa serta tempat indah lainnya  yang tersebar di Kabupaten Maluku Tengah.

“Kegiatan ekonomi bisa bergerak jika memang daerah-daerah tujuan wisata tersebut bisa menarik perhatian banyak orang, termasuk turis luar negeri. Dengan adanya kegiatan wisata, hal itu tentu akan berdampak langsung pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitar daerah wisata,” terang dia.

Menurut Leleury, pihaknya sangat  mendukung pengembangan industri pariwisata demi kemajuan ekonomi. Dan  yang akan dibenahi adalah infrastruktur, sarana transportasi serta berbagai fasilitas terkait.

“Pemerintah Kabupaten Malteng akan terus berupaya memaksimalkan berbagai potensi daerah yang ada sebagai langkah mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat,”ujarnya.

Dikatakan, penyelenggaraan kepariwisataan memang selalu identik dengan eksplorasi suatu destinasi yang memiliki nilai jual untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, akan terjadi transaksi ekonomi yang mampu menstimulus pertumbuhan kawasan dan orang-orang yang terlibat dalam siklus kepariwisataan tersebut.

“Yang pasti, untuk memenuhi kebutuhan kepariwisataan, butuh usaha dalam bentuk daya tarik, objek atau kawasan wisata, jasa makanan, minuman, akomodasi hiburan dan rekreasi, pertemuan, konferensi, pameran, perjalanan insentif, jasa informasi pariwisata, konsultan, pramuwisata, wisata tirta,”paparnya. (MAX)

Most Popular

To Top