KPID: Ameks TV Layak On Air – Ambon Ekspres
Trending

KPID: Ameks TV Layak On Air

AMBON,AE— Selang sehari melakukan  rapat Evaluasi Dengar Pendapat (EDP), bersama PT Ambon Ekpres TV, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku langsung bergerak cepat melakukan rapat pleno komisi, terkait pemberian skoring terhadap hasil EDP yang dilakukan di Graha Ameks TV, Kamis (19/2).

Dikabarkan, hasil skoring dalam pleno tersebut menunjukan hasil memuaskan, artinya lembaga penyiaran Ameks TV layak untuk mengudara alias On Air di Kota Ambon. Hal ini disampaikan Ketua KPID Maluku M Azis Tunny, kepada wartawan usai melaksanakan pleno, di kantor KPID Maluku, Jumat (20/2).

”Tujuh komisi penyiaran provinsi Maluku baru saja melaksanakan rapat pleno KPID, untuk memberikan skoring terhadap hasil evaluasi dengar pendapat kemarin (Red), dan dari hasil penilaian Ameks TV mendapat skor 572,” nilainya.

Dikatakan, skoring yang dihasilkan dalam pleno itu, menunjukan progres memuaskan, dimana hasil tersebut menunjukan kelayakan lembaga Ameks TV untuk hadir di tengah masyarakat.” Ya, bagi kami skor ini cukup tinggi dan sangat memuaskan. Setelah ini kami akan menyeluarkan rekomendasi kelayakan, kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementrian kominfo untuk proses perijinan selanjutnya,” jelasnya.

Menurutnya, ada enam aspek penilaian berdasarkan regulasi perijinan lembaga penyiaran yang telah diatur dalam Peraturan Kementrian Komunikasi dan Informasi, Nomor 28 Tahun 2028 tentang tata cara dan persyaratan lembaga penyiaran, dan Peraturan Pemerintah Tahun 50 tahun 2015 tentang penyelenggaraan lembaga penyiaran suasta.

“Enam aspek yang dinilai meliputi aspek pendirian, badan usaha, teknis, keuangan dan aspek managemen,” paparnya. Azis merincikan, pada aspek pendirian yang dilihat latar belakang, visi misi tujuan serta gambaran umum rencana kerja lima tahun mendatang. Sementara aspek badan usaha meliputi kepemilikan serta permodalan perusahaan. “Jadi banyak segi yang kita nilai dari ke enam aspek yang ada, berdasarkan peraturan yang berlaku” tukasnya.

Lebih lanjut, Azis menjelaskan pihaknya segera membawa hasil pleno berserta proposal perijinan Ameks TV, untuk diproses ke tahapan selanjutnya. ”Besok, (hari ini) kita ke Jakarta untuk membawa hasil ini untuk diferivikasi ulang ke KPI pusat, setelah itu baru diteruskan ke Kemkominfo untuk ditinjau kembali,” timpalnya.

Diharapkan, proses di tingkat pusat dapat berjalan lancar, sehingga seluruh berkas pemohon dapat diterima. ”Sampai saat ini tidak ada kendala yang berarti, semoga berkas Ameks TV dapat diakomodir oleh pemerintah pusat, sehingga Ameks TV sebagai satu-satunya lembaga penyiaran lokal dapat menyapa pemirsa di Kota Ambon,” harapnya. Olehnya itu, azis menghimbau kepada pihak Ameks TV untuk terus melakukan persiapan, ke tahapan  on air.

“ Saya kira proses ini cukup panjang, hingga pemerintah mengeluarkan ijin penyiaran tetap. Maka dari itu, sudah saatnya segala persiapan harus dilakukan oleh manajemen Ameks TV,” pungkasnya. (ARI)

Most Popular

To Top