Menanti Fatwa DPP PDIP – Ambon Ekspres
Trending

Menanti Fatwa DPP PDIP

AMBON,AE— Sejumlah bakal calon Ketua DPD PDIP Maluku enggan berspekulasi soal peluangnya  dipilih DPP PDIP untuk disampaikan dalam Konferensi Daerah (Konferda) medio Maret 2015 mendatang. Mereka menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP memutuskan.

Sesuai petunjuk pelaksana (juklak) DPP 066 dan 067 tentang penjaringan ketua DPD PDIP, minimal 5 nama bakal calon diusulkan untuk diuji. Pengujian bakal calon telah digelar Kamis (19/2) di Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya, DPP PDIP memutuskan tiga calon Ketua DPD PDIP untuk dimusyawarahkan dalam Konferda. ”Itu urusan DPP PDIP memutuskan,”kata dua bakal calon ketua  DPD PDIP Maluku, Evert Kermite dan Thobyhend Sahureka kepada Ambon Ekspres, kemarin secara terpisah.

Kermite meyakini, DPP PDIP punya pertimbangan khusus menentukan tiga nama bakal calon Ketua DPD PDIP. ‘’Sebagai bakal calon tentu berkeinginan agar diakomodir dalam tiga nama. Pasti DPP punya penilaian. Kita tunggu saja. Siapa yang disampaikan dalam konferda 14 Maret 2015 mendatang,” kata Kermite.

Soal peluang bakal calon diputuskan berdasarkan hasil lobi di DPP, Kermite yang juga Sekretaris DPD PDIP Maluku menyerahkan kepada bakal calon yang lain.”Tergantung masing-masing calon. Apakah, lobi sesuatu yang memungkinkan ditetapkan sebagai salah satu dari tiga nama, tergantung. Kita serahkan sepenuhnya ke DPP pertimbangkan semua aspek,” terangnya.

Kendati begitu, Kermite menaruh harapan kepada DPP PDIP memutuskan. Dia memastikan,  DPP objektif dan realistis terhadap hasil test dan rekam jejak masing-masing bakal calon. ”Dedikasi, loyalitas dan pengabdian menjadi pertimbangan tentunya.  Siapa yang diputuskan harus diterima. Yang jelas satu aspek yang dapat perhatian partai ini bagaimana memberikan ruang kepada kader partai untuk berproses di dalam tes kepatutan dan kelayakan. Itu sangat luar biasa. PDIP sebagai partai modern dan partai kader,”sebutnya.

Sahureka  menambahkan, sebagai bakal calon hanya dipanggil DPP untuk mengikuti test. Sebagai kader partai, lanjut dia,  harus hadir. ‘’Soal hasil tidak tahu. Begitu juga dengan bakal calon yang lain.

Keputusan ada di tangan DPP. Yang penting, siapapun jadi ketua atur partai ini dengan baik. Kita sudah bersyukur,”terangnya.

Wakil ketua DPD PDIP Maluku, Ruri Moenandar mengatakan,  hasil tes bakal calon telah disampaikan ke DPP. ‘’Setelah itu diputuskan 3 nama dan kemudian disampaikan ke Konferda dalam amplop tertutup. Jadi siapa yang diputuskan kita tidak tahu. Nanti saat buka amplop baru diketahui siapa yang diputuskan,”kata Moenandar.

Sekedar tahu,  Sementara yang ditetapkan dalam rapat pleno, diantaranya Lucky Wattimury, Edwin Adrian Huwae, Evert Herman Kermite, Mercy Barends, Sugeng Kowangit, Hendrik Sahureka, Paulus Werembinan, Johan Rahantoknam, dan Tady Salampessy.

Hanya saja, DPP PDIP memutuskan agar 19 nama bakal calon Ketua DPD PDIP yang diusulkan untuk di tes. Mereka adalah, Lucky Wattimury, Edwin Huwae, Mercy Barends. Mereka yang diikutsertakan pada uji kelayakan dan kepatutan di luar penetapan DPD PDIP Maluku, yakni Karel Albert Ralahalu, Bitzael S Temmar, Tagop Soulissa, Barnabas Orno, Grace Pattiasina, Benhur G Watubun, Semmy Resmol, Nicholas Ralahalu, Jafet Damamain dan Nahwan Matdoan.  (JOS)

Most Popular

To Top