Pemprov Berencana “Rampas” Pulau Banda dari Malteng – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Pemprov Berencana “Rampas” Pulau Banda dari Malteng

MASOHI,AE.—Pemerintah Provinsi Maluku berencana mengambil alih Pulau Banda dari Kabupaten Maluku Tengah. Pengambil alihan ini untuk mengoptimalkan pengelolaan pariwisata,  perikanan dan pertanian di  daerah itu.

“Dalam waktu dekat. Rencana ini akan kita realisasikan,” tandas Gubernur Maluku Said Assegaff kepada pers usai perayaan Tahun Baru Imlek 1566 di  kawasan PT Wahana Lestari Investama (WLI), Seram Utara Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (19/2).

Alasan penarikan pengelolaan Pulau Banda ke Provinsi, ungkap Assegaff, karena pengelolaan Banda tidak menunjukan progres positif. Padahal pulau Banda memiliki potensi besar yang bisa menyokong peningkatan kesejahteraan masyaraat Maluku.

“Ada  sumber daya pariwisata, perikanan, kelautan, pertanian, serta sumber daya alam lainnya yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat disana,” tandasnya.

Lantas bagaimana konsep pengelolaan Banda untuk peningkatan kesejahtaraan, telah terpikirkan oleh Assegaff.

Direncanakan, daerah tersebut akan dipimpin langsung oleh Bupati yang ditunjuk langsung olehnya.“Karena rentang kendali Banda cukup jauh. Kita akan mengutus Bupati untuk mengelola pemerintah disana.

Dalam kurun waktu tertentu bila tidak mampu kita ganti. Hanya dengan begitu, potensi Banda bisadioptimalkan,” jelasnya. (MYX)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!