Transportasi Dukung Pariwisata – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Transportasi Dukung Pariwisata

RENCANA dibukanya jalur transportasi di  Huamual Belakang, Kabupaten Seram Bagian  Timur (SBB), selain mengatasi keterisolasian juga  mendukung kemajuan di sektor pariwisata.

Sejumlah wisata bersejarah di Kabupaten SBB sangat menjanjikan untuk pengembangan sektor pariwisata. Ada benteng-benteng peninggalan Portugis, Inggris dan Belanda di Jazirah Huamual yang kini wilayahnya masuk ke Kabupaten SBB serta di Jazirah Hitu Kabupaten Maluku Tengah.

Jumlah benteng tersebut diperkirakan mencapai 20 buah. Benteng-benteng itu tersebar di Pulau Seram bagian barat, Barat Daya Pulau Ambon, Pulau Kelang, Pulau Manipa serta diapit beberapa Pulau lainnya.

Wakil Bupati Kabupaten SBB, Muhammad Husni mengaku, selama ini, sarana transportasi menjadi kendala masyarakat setempat. Namun, dengan dibukanya jalur transportasi pada 2014 nanti, semua orang bisa dengan mudah menuju ke  SBB tanpa ada halangan.

Dengan dibukanya jalur transportasi, Husni harapkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan  yang datang ke Kabupaten SBB meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Begitu juga, aset sejarah yang selama ini belum dikenal bisa diketahui semua orang. Seiring dengan harapan agar SBB menjadi destinasi wisata yang menjanjikan, pihaknya juga akan membenahi berbagai  potensi  wisata di daerah tersebut. “Kita akan benahi  semuanya secara bertahap,”ujarnya.

Selain wisata sejarah berupa benteng, di SBB lanjutnya, banyak potensi alam yang menjanjikan. Hal ini akan dikemas dalam  satu paket wisata yang menarik. Untuk menuju ke pengembangan itu, tentunya jalur transportasi laut dan darat harus dibenahi.

Jadi, saat ini Pemerintah Kabupaten SBB sementara merampungkan jembatan-jembatan pelabuhan penyeberangan.

“Dampak dari pembukaan jalur transporatsi ini pun akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Setidaknya, ekonomi masyarakat akan semakin meningkat,”jelasnya. (HIR)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!