Aparat Keamanan Harus Tegas – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Aparat Keamanan Harus Tegas

Untuk Mencegah Terjadi Bentrok Warga
AMBON, AE.—Bentrok warga Hila dan Waitomu di Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng)  beberapa hari lalu disesalkan banyak pihak. Pasalnya, bentrok tersebut dipicu masalah sepele. Selain itu, lengahnya tindakan aparat keamanan yang tidak mampu mencegah bentrok itu juga disesalkan.

Wakil Ketua Bandan Koordinator Masyarakat Maluku Sulawesi Tenggara, La Suriadi mendesak agar aparat keamanan dan Pemkab Malteng mengevaluasi bentrok tersebut Waitomo. Menurut dia, bentrok itu sudah yang kesekian kalinya terjadi di wilayah Malteng.

Menurutnya, untuk menghindari kejadian seperti itu, Bupati Tuasikal Abua harus mengevaluasi apa yang sebenarnya terjadi di daerahnya. Karena hanya akibat permasalahan sepele, menimbulkan bentrok yang berimbas pada korban luka maupun hilangnya harta benda. “Sebenarnya Bupati Malteng jangan hanya berdiam diri saja.

Karena sudah beberapa kali bentrok terjadi di kabupaten itu,“ ungkap Suriadi kepada koran ini, kemarin.

Dirinya juga meminta agar aparat keamanan dapat mengambil langkah tepat dalam menangani bentrokan tersebut.

Akar masalah hingga terjadi bentrok itu yang harus diselesaikan sehingga perbuatan seperti ini tidak kembali terulang. “TNI-Polri harus benar-benar menyelesaikan akar permasalahan bentrok ini. Misalnya mengamankan pelaku utama pemicu bentrokan sehingga masyarakat dapat hidup dalam kedamaian dan tidak ada dendam antara satu dengan yang lain,“ ucapnya.

Dengan menyelesaikan akar permasalahan itu, kata dia, kedamaian bisa tercipta. ‘’Karena akibat lemahnya tindakan dari aparat keamanan dalam mencegah massa, mengakibatkan bentrokan terjadi. Berkaca pada beberapa bentrokan sebelumnya yang terjadi antar beberapa desa, aparat keamanan tidak mampu mencegahnya. Hal ini seharusnya menjadi pelajaran bagi aparat keamanan agar lebih lihai dalam mengantisipasi bentrokan-bentrokan seperti ini,’’ tegas dia.

Suriadi mengharapkan Pemprov Maluku maupun Pemkab Malteng dapat membantu para korban bentrokan yang kehilangan rumah maupun harta benda lainnya. Karena hal itu sudah menjadi tanggungjawab pemerintah dalam menangani masalah-masalah seperti ini. “Kami mengharapkan ada bantuan dari pemerintah agar dapat memberikan bantuan kepada korban yang rumahnya terbakar maupun rusak. Karena akibat dari kejadian ini, banyak masyarakat yang tidak bersalah dirugikan,“ pungkasnya.(AFI)

Most Popular

To Top