Desak Kepala Puskesmas Tulehu Dievaluasi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Desak Kepala Puskesmas Tulehu Dievaluasi

MASOHI, AE.—Komisi D DPRD Maluku Tengah mendesak Kepala Puskesmas Tulehu, diavaluasi setelah komisi membidangi kesehatan itu,  didatangi lima tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut, Sabtu,(21/2). Mereka mengadu pengolaan keuangan serta arogansi pimpinan puskesmas.

Mereka diterima koordinator komisi D Rudolf Lailossa dan Zeth Latukarlutu. Dalam pertemuan tersebut mereka menyampaikan bahwa menajeman puskesman dan pengolaan keuangan amburadul. “Tidak terbuka soal pengelolaan dana puskesmas,” ungkap mereka.

Selain itu, pengangkatan kepala puskesmas dinilai menyalahi mekanisme, di mana pimpinan puskesmas Tulehu tidak memiliki basic kesehatan dan hanya lulusan Sekolah Menengah Atas.”Bagaimana baik, kepala puskesmas hanya lulusan SMA, kemudian lanjut sekolah sehingga benar-benar tidak memahami dunia kesehatan,” beber mereka.

Untuk itu, mereka mendesak persoalan tersebut segera dibijaki oleh komisi untuk selanjutnya dievaluasi. ‘’Kami minta komisi sedianya bisa serius menyikapi keluhan kami,” harap mereka.

Tak hanya itu, mereka juga mengaku, uang kas milik Puskesmas Tulehu senilai Rp 40 juta bisa raib di rumah bendahara. Meski demikian hingga ini tidak ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas kehilangan uang negara tersebut.”Itu uang puskesmas kok bisa hilang di rumah,” beber mereka.

Ungkapan mereka memicuh tanda tanya komisi D sebab terkesan jangkal. Untuk itu komisi dalam waktu dekat ini segera mengagendakan pertemuan bersama Kepala Dinas Kesehatan sekaligus melakukan kunjungan ke Puskesmas Tulehu.

“Ini janggal tapi kita kedepankan praduga untuk lebih jelas kita akan pertemuan dengan pak Kadis sekalian kunjungan ke Tulehu,” tegas Rudolf Lailossa. (CR12)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!