Kelompok Bersenjata Culik 89 Anak di Sudan – Ambon Ekspres
Internasional

Kelompok Bersenjata Culik 89 Anak di Sudan

MALAKAL, AE.—Sebuah kelompok bersenjata di Sudan Selatan telah menculik 89 anak laki-laki. Diketahui anak-anak tersebut berasal dari wilayah Negara Bagian Upper Nile, Sudan Selatan.

“Semuanya anak laki-laki dan sebagian masih berusia 13 tahun. Mereka diculik di dekat Kota Malakal, ibu kota Negara Bagian Upper Nile,” ujar United Nation Children’s Fund (UNICEF) melalui pernyataan resminya, seperti dilansir Al Jazeera, Minggu (22/2/2015).

Anak-anak tersebut diculik saat melakukan ujian sekolah di Kota Wau Shilluk. Kelompok bersenjata seketika mengepung sekolah anak-anak, bahkan mereka menggeledah rumah demi rumah di sekitar sekolah, dan secara paksa mengambil anak laki-laki yang berusia lebih dari 12 tahun.

“Perekrutan dan penggunaan anak-anak oleh kelompok bersenjata itu menghancurkan para keluarga dan masyarakat di situ. Anak-anak itu menerima tingkat kekerasan yang melebihi batas, mereka kehilangan keluarga dan kesempatan untuk pergi ke sekolah,” ujar perwakilan UNICEF untuk Sudan Selatan, Jonathan Veitch.

Hingga berita ini ditayangkan, masih belum jelas kelompok mana yang melakukan penculikan. Para pengamat politik banyak yang menduga bahwa pihak militer pemerintah telah aktif merekrut anak-anak untuk dijadikan tentara.

Namun, Pemerintah Sudan Selatan kerap kali membantah tuduhan tersebut. (OZ)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!