Magnet Pulau-Pulau Kecil – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Magnet Pulau-Pulau Kecil

PULAU-pulau kecil jika terus dikembangkan, bisa  menjadi pulau wisata. Harapannya, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung.  Contohnya, lokasi wisata yang ada di Pulau Koon yang berada di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Perlu adanya sarana serta prasarana, apalagi fasilitas umum, sehingga  lokasi tersebut menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan.

Pulau Koon selain sebagai salah satu daerah habitat penting pemijahan ikan karang, lokasi ini juga memiliki lingkungan alam yang asri. Di kawasan laut sekitar pulau ini memiliki potensi bawah laut yang eksotik.

Sama halnya dengan Pulau Oto dan Pulau Tengah di Halmahera, menawarkan panorama pantai berupa pasir putih serta keindahan panorama bawah laut berupa aneka jenis terumbu karang dan ikan, sehingga sangat menarik bagi wisatawan yang menyukai wisata bahari.

Pulau Oto juga menawarkan wisata alam berupa kawasan hutan lindung, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis flora dan fauna khas halmahera, termasuk aneka jenis burung paruh bengkok, seperti kaka tua putih dan nuri.

Selain itu, di Kabupaten Halmahera juga banyak objek wisata lainnya yang menarik, seperti Pulau Jala-Jala, Air Terjun Bidadari dan Goa terpanjang di dunia serta taman nasional Ake Tajawa Lolobata yang dihuni berbagai flora dan fauna khas Halmahera.

Hal ini terbukti setelah banyak traveler yang menuliskan semua pengalamannya di blog atau menerbitkannya lewat buku, banyak destinasi wisata baru di Maluku maupun Maluku Utara yang dikenali oleh wisatawan asing. Akun jejaring sosial, blog, instagram dan lain sebagainya kini ikut berperan dalam promosi pariwisata di daerah tersebut.

Pulau-pulau kecil ini sebagai pulau wisata tentu sangat dibutuhkan penyediaan infrastruktur penunjang, seperti tempat peristrahatan untuk memberi kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke pulau-pulau yang memiliki pesona alam tersebut. (IWU)

Most Popular

To Top