Perpustakaan Negeri Passo Eksis Melayani Masyarakat – Ambon Ekspres
Pendidikan

Perpustakaan Negeri Passo Eksis Melayani Masyarakat

Upaya Pemerintah untuk meningkatkan minat baca bukan saja, dilakukan melalui perpustakaan nasional maupun mobil operasional yang dibawa ke desa dan negeri di Maluku khususnya Kota Ambon. Ternyata di Kota Ambon masih ada negeri yang menciptakan perpustakaan sebagai sarana membaca masyarakat setempat.

Seperti perpustakaan yang dimiliki Negeri Passo, Kecamatan Baguala. Perpustakaan milik desa yang didirikan sejak 10 tahun silam ini masih eksis memberikan akses informasi dan pengetahuan bagi masyarakat setempat, untuk memanfaatkan budaya membaca baik bagi orang dewasa maupun anak-anak yang ada pada negeri tersebut.

Perpustakaan yang digabungkan dengan kantor Negeri Passo ini tidak menjadi halangan bagi masyarakat untuk membaca, karena aktivitas membaca dapat dilaksanakan masyarakat setiap hari kerja, dimana Kantor Negeri Passo memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membaca.

“Kita berikan kesempatan kepada siswa-siswi yang ingin menggunakan perpustakaan negeri sebagai tempat membaca,” kata Kepala Urusan Pemerintah pada Kantor Negeri Passo Luk Mailuhu, kepada Ambon Ekspres.

Sarana perpustakaan ini dapat membantu siswa-siswi untuk memperoleh banyak ilmu, selain digunakan siswa perpustakaan ini juga digunakan masyarakat untuk membaca sambil melakukan pengurusan pada kantor Negeri Passo.

Meskipun memiliki buku yang tidak akurat, namun perpustakaan yang ada di Kantor Negeri Passo dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui lebih banyak tentang adat dan budaya yang ada di Maluku maupun Kota Ambon.

Karena selama ini perpustakaan menyimpan buku tentang budaya, cerita rakyat, komik, tanaman, dan berbagai budaya yang ada di Indonesia, sehingga masyarakat betah dengan hadirnya perpustakaan Negeri Passo.

Dari sekian negeri dan desa yang ada di Kota Ambon, hanya kantor Negeri Passo yang memiliki perpustakaan yang masih dinyatakan aktif untuk membaca, karena itu masyarakat dapat menggunakan perpustakaan sebagai tempat membaca untuk menambah ilmu.
(PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!