Wapres Tiba Kamis, Presiden Mei ke Buru – Ambon Ekspres
Trending

Wapres Tiba Kamis, Presiden Mei ke Buru

AMBON, AE— Setelah 100 hari kerja menjadi wakil Presiden, mendampingi Joko Widodo, Jusuf Kalla akhirnya kembali ke Ambon. Penduduk Kota Ambon yang kini menjadi wapres ini, akan berada di Ambon satu malam, untuk membuka secara resmi rapat para gubernur se-Indonesia.

Wapres yang berencana didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan Ketua BPK Rizal Djalil, akan datang ke Ambon, Kamis (26/2). ‘’Jadi Pak Wapres datang Kamis bermalam, esoknya (Jumat (27/2) baru kembali ke Jakarta,”kata Gubernur Maluku, Said Assagaff kepada sejumlah wartawan usai membuka rapat kerja I Fraksi PKS DPRD Maluku di Swisbelhotel, Sabtu (21/2).

Assagaff mengaku, kedatangan Wapres untuk memimpin langsung rapat kerja Gubernur se Indonesia untuk menyikapi undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. ”Jadi sejumlah gubernur mulai melakukan perjalanan ke Ambon,” sebutnya.

Tak hanya itu, dia mengaku, Presiden Jokowi juga berencana melakukan kunjungan kerja ke Maluku medio Mei mendatang. Kata dia, Presiden akan melakukan panen perdana padi di kabupaten Buru. Tak hanya itu, Presiden juga berencana membantu Maluku disektor peternakan.

”Saya beberapa waktu lalu ketemu pak presiden. Selain ingin ke Maluku, pak Presiden ingin membantu peternakan di Maluku asal disediakan lahan. Kita mesti respon ini. Setidaknya menaikan PAD (pendapatan asli daerah) puluhan miliar,” terangnya.

Assagaff juga mengaku, beberapa waktu lalu ketika rapat bersama gubernur se-Indonesia dengan Presiden, dia menyampaikan bahwa konsep Lumbung Ikan Nasional atau LIN sudah ada penandatanganan MoU dengan Menteri Perikanan dan Keluatan. Hanya saja, lanjut dia, sampai sekarang belum ada payung hukum.

Assagaff juga menyayangkan kebijakan tol Laut dari Jawa ke Makassar kemudian ke Papua, dan melewati Maluku. ”Saat pertemuan itu pak presiden langsung respon dan memerintahkan kementrian terkait untuk menindaklanjutinya. Begitu juga Tol laut, Maluku juga masuk,” jelasnya.

Saat ini, dia telah meminta akademisi Unpatti dan Biro Hukum Setda Maluku menyusun master plan pembangunan di Maluku terkait LIN. ”Jadi dampak dari LIN sangat luar biasa untuk Maluku,”katanya.
Tak hanya disitu, Assagaff juga mengaku, telah menggelar rapat dengan Menteri Perhubungan Ignasius

Jonan. Kata dia, Kemenhub akan mengalokasikan dana sekitar Rp1,2 trilyun untuk Maluku.”Kita berharap, pembangunan dibidang perhubungan dimaksimalkan. Saya juga minta kapal penumpang perintis ukuran kecil ditarik. Saya minta kapal berukuran besar. Ini karena ombak di Maluku sangat tinggi,” pungkasnya.

Anggota Komisi A DPRD Maluku, Amir Rumra mengapresiasi kunjungan Wapres bersama gubernur se Indonesia. Kata dia, lobi gubernur untuk menggelar rapat tingkat nasional di Maluku, semata-mata untuk mempromosikan potensi Maluku. ”Kedatangan pak Wapres dan para gubernur setidaknya melihat langsung potensi di Mauku,”harap Amir ketika dihubungi, kemarin.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Maluku ini juga mengapresiasi rencana kedatangan Presiden ke Buru. dia berharap, kedatangan sejumlah menteri sebelumnya serta kunjungan Wapres dan Presiden tak hanya melakukan kegiatan seremonial. ”Kedatangan pejabat negara tentu melihat langsung persoalan di Maluku. Setidaknya setelah kunjungan ini ada dampak positif dan perhatian serius Maluku,”ingatnya. (JOS)

Most Popular

To Top