Penyidik Kembali Limpahkan Berkas AV – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Penyidik Kembali Limpahkan Berkas AV

AMBON,AE—Sambil menunggu hasil perhitungan kerugian negara (HPKN) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Maluku terus berupaya menuntaskan dugaan korupsi tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bupati SBT Abdullah Vanath (AV). Proses penyidikan terhadap bupati yang tidak lama lagi akan diganti itu selangkah lebih maju.

Penyidik telah melimpahkan tahap I berkas pemeriksaan tersangka AV kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku guna dikoreksi beberapa waktu lalu. Setelah dikoreksi, JPU kemudian mengembalikan berkas pemeriksaan itu untuk dilengkapi oleh penyidik. Kini penyidik telah mengembalikan berkas pemeriksaan itu setelah dilengkapi sesuai petunjuk jaksa. Demikian disampaikan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Maluku

Kombes Pol Sulistiono kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Menurut dia, berkas perkara tersangka itu telah dilengkapi sesuai petunjuk jaksa. Dia berharap sudah bisa dinyatakan lengkap atau P21 sehingga semuanya bisa dituntaskan. “Berkasnya sudah kami lengkapi dan limpahkan kembali kepada jaksa pekan kemarin,” katanya.

Meski sambil menunggu HKPN dari BKP, kata dia, pihaknya akan melakukan penyidikan guna menuntaskan kasus itu.

“Kita semua sudah periksa baik saksi, saksi ahli maupun tersangka sehingga prosesnya kita lakukan termasuk pemberkasan. Jadi tidak jadi soal sambil menunggu hasil HPKN  kita lengkapi berkas itu sesuai petunjuk jaksa,’’ jelasnya.

Dirinya berharap, BPK segera menuntaskan HPKN sehingga kasus yang menjerat penguasa Kabupaten Seram Bagian Timur selama dua periode itu segera dituntaskan. “Kita tinggal menunggu saja. Sementara proses HKPN oleh BPK berjalan.

Tetapi alangkah baiknya lebih cepat lebih baik biar kasus bisa segera dituntaskan,” tutupnya.(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!