Pilkada Bursel Sepi – Ambon Ekspres
Trending

Pilkada Bursel Sepi

Tagop dan Seleky Maju Lagi

AMBON, AE— Pelaksanaan Pemilihan kepala daerah Buru Selatan yang dijadwalkan berlangsung pertengahan tahun ini, masih sepi wacana. Berbeda dengan Seram Bagian Timur, Bursel belum dilirik partai politik. Pendaftaran baru akan dibuka parpol, diakhir Februari dan Maret mendatang.

Biar sepi, namun informasi tak resmi yang diperoleh Ambon Ekspres, menyebutkan Tagop Soulisa dan Butje Saleky bakal bersama lagi. Keduanya bertekad akan mengulangi kembali kesuksesan menjadi bupati dan wakil bupati saat pilkada tahun 2011 lalu. “Kayaknya berpasangan lagi,” kata sumber Ambon Ekspres, kemarin.

Keduanya terbilang kian kuat dalam basis massa. Selain loyalis pada pilkada sebelumnya, mereka kini dikabarkan juga berhasil memikat hati basis-basis massa baru. “Kekuatannya cukup besar. Apalagi kita lihat, belum ada figur yang muncul selama lima tahun terakhir ini. Berbeda dengan SBT,” kata sumber ini lagi.

Gerindra dikabarkan, melirik pasangan ini, dengan pertimbangan kuatnya basis massa pendukung. Sementara

Ketua Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Maluku, Salim Samsudin mengatakan, PAN secara serentak akan membuka pendaftaran setelah pelaksanaan Kongres PAN di Bali, 28 Februari mendatang. Dia juga mengaku, komunikasi politik secara lisan belum dilakukan antar kandidat dengan DPC PAN Bursel.

“Saat ini kami masih fokus pada Kongres PAN di Bali. Setelah kembali dari Bali baru kami membuka pendaftaran secara serentak, baik di Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Kepulauan Aru maupun Maluku Barat Daya,” ujar Samsudin via seluler, Senin (23/2).

Samsudin memastikan PAN akan berpartisipasi dalam perhelatan pesta demokrasi lokal lima tahunan di Bursel, Aru, SBT dan MBD. Perolehan suara pada Pemilu 2014 menjadi modal politik bagi PAN mengusung calon bupati dan wakil bupati.

“Tentu kami akan berpartisipasi dalam Pilkada Bursel maupun daerah lainnya. PAN punya kekuatan politik, terutama di Bursel. Dan saya yakin, komunikasi akan terwujud jika pendaftaran secara resmi dibuka oleh DPC,” papar dia.

Dia mengaku, mendapat informasi, bahwa sejauh ini sudah ada tiga figur yang muncul dalam bursa bakal calon, untuk bertarung mendapatkan kursi bupati Bursel medio Desember 2015. Mereka diantaranya, bupati dan wakil bupati sekarang, Tagop Soulissa dan Butje Ayub Seleky serta mantan Ketua DPRD Bursel, Zainudin Boy.  Dua pemimpin Bursel ini akan bertarung merebutkan kursi bupati.
Soal kemungkinan pencalonan kader partai, Samsudin menyatakan, sangat terbuka. Apabila presentasi kekuatan politik belum memadai pada beberapa bulan  kedepan, PAN tetap melakukan manuver untuk mendapatkan jatah calon wakil bupati. Apalagi kader PAN menduduki kursi wakil ketua di DPRD Bursel.

“PAN punya 3 kursi anggota DPRD, maka tidak menutup kemungkinan PAN akan mengusung kadernya untuk bertarung dalam pesta demokrasi lokal lima tahunan di Buru Selatan. Nanti kita lihat saja siapa kader terbaik. Kalau memang tidak bisa dicalonkan untuk bupati, yah wakil saja,” katanya.

Sementara itu Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Buru Selatan, Adjadad Makassar, mengaku pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati masih terkendala Petunjuk Teknis dari DPP. Sampai sekarang, DPP Gerindra belum memberikan Juklak.

“Masih menunggu Juklak dari DPP. Insha Allah minggu-minggu depan sudah bisa dibuka pendaftaran,” kata Adjadad via short message service atau SMS, kemarin. Soal komunikasi politik dari balon bupati, Adjadad tak memberikan jawaban. (TAB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!