SMA Negeri 5 Berbenah Raih Adiwiyata Mandiri – Ambon Ekspres
Pendidikan

SMA Negeri 5 Berbenah Raih Adiwiyata Mandiri

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Ambon berupaya untuk meraih Adiwiyata Mandiri. Adiwiyata Mandiri merupakan program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dengan program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

Kepala Sekolah (kepsek) SMA Negeri 5 Ambon Elizabeth Koloba yang didampinggi tim Adiwiyata pada SMA Negeri 5 Ambon S.T Masbaitubun kepada Ambon Ekspres, Senin (23/2), mengakui, tahun 2013 SMA Negeri 5 Ambon masuk Adiwiyata tingkat kota dan provinsi.

Tahun 2014 diusulkan ke tingkat nasional dan masuk dalam tingkat nasional, karena itu saat ini SMA Negeri 5 sementara persiapkan diri untuk mengikuti lomba Adiwiyata Mandiri.

“Kalau tingkat nasional kita harus masuk Adiwiyata Mandiri, karena itu kita butuhkan partisipasi siswa, orang tua dan komite untuk mendukung kesiapan kami ini,” katanya.

Program Adiwiyata  untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah agar dapat bertanggung jawab dalam upaya- upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Program Adiwiyata diharapkan mampu mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, diperlukan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar Program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.

SMA Negeri 5 Ambon sejauh ini berjalan dalam visi menjadikan SMA Negeri 5 Ambon sebagai lembaga pendidikan yang aman, nyaman, tertib dan disiplin serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Sementara misi diantaranya,  menanamkan kesadaran memiliki dan cinta lingkungan hidup yang baik dan bersih, menanamkan nilai-nilai keagamaan, budi pekerti luhur, saling menghargai satu dengan yang lain antara komponen sekolah, meningkatkan budaya tertib dalam berbagai aspek kehidupan secara menyeluruh berdasarkan ketentuan yang berlaku, meningkatkan pelaksanaan proses pembelajaran secara baik dan terencana sesuai komitmen tugas dan tanggung jawab bersama, mempercepat dalam meningkatkan penguasaan teknologi dan informasi dalam rangkah menyambut era globalisasi, mengembangkan proses belajar mengajar berbasis multimedia, dan menyelenggarakan program kegiatan ekstrakurikuler berdasar-kan bakat, minat dan kecakapan hidup (life skille ). (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!