Cuaca Buruk, Ikan Naik Harga – Ambon Ekspres
Amboina

Cuaca Buruk, Ikan Naik Harga

AMBON,AE.—Akibat dari cuaca buruk belakangan ini yang terjadi di perairan Pulau Ambon, berdampak  bagi  nelayan di Kota Ambon dan sekitarnya. Aktivitas melaut pun tidak dapat dilakukan seperti biasanya.  Hal tersebut menyebabkan pasokan ikan segar di pasar-pasar tradisional berkurang, sehingga memicu naiknya harga ikan segar.

Pantauan  di Pasar Mardika, Selasa (24/2) para pedaga ng yang menjual ika n segar hanya beberapa saja.

Sementara yang paling bany ak dijual adalah ikan beku.

“Ikan segar jenis cakala ng seharga Rp45.000 per ekor. Padahal biasanya Rp 25.000, ikan sembung jenis momar Rp20.000 per tumpuk tujuh ekor, sekarang hanya empat ekor.

Pasokan ikan juga berkurang, biasanya ikan segar yang  sa ya ambil  paling sedikit dua loyang. Kini hanya dijual satu loyang saja dari nelayan,”ungkap Maris Le- won (55)salah satu pedaga ng ikan di Pasar Mardika.

Dia juga mengaku, akibat dari kenaikan harga ikan karena pasokan yang semakin menurun, berdampak pada penghasilnya.

‘Ikan mahal, masyarakat lebih memilih mengkonsumsi daging ayam yang kini per kilonya Rp28.000. Ikan yang laku pun hanya ikan beku. Sehingga penghasilan yang biasanya per hari Rp500 ribu, kni hanya Rp300 ribu,”sebutnya.

Sementara, salah satu pedagang ikan beku, Hamdi (40) mengaku, akibat dari pasokan ikan segar yang kian menurun. Maka ikan beku sangat laku dipasaran saat ini.

Untuk ikan merah ukuran kecil  dijual Rp12.000 per 10 ekor, mata bulan Rp20.000 per 10 ekor. Sementara ikan loyang beku Rp20.000 per 7 ekor.

“Banyak nelayan tidak bisa pergi melaut karena angin yang begitu kencang dan juga ada nelayan yang pergi melaut tapi tangkapan ikan mereka hanya sedikit terutama ikan segar,” ujarnya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!