Pemkot Akan Buka Tes P3K – Ambon Ekspres
Amboina

Pemkot Akan Buka Tes P3K

AMBON, AE.–Pemkot Ambon sedang memikirkan kebijakan nasional terkait  penerimaan  Pegawai Pemerintah Pemberian Kerja  (P3K) tahun 2015. Dimana program tersebut bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan namun jabatannya satu tingkat dibawah PNS.

Rencana P3K terbuka untuk umum baik jenjang jenjang strata satu (S1) hingga SMA sederajat.  Demikian dikatakan Kepala BKD Kota Ambon, Benny Selanno kepada sejumlah wartawan di Balaikota Ambon, kemarin.

Menurut dia,  P3K  penting dibuka. Namun sampai saat ini Pemkot Ambon masih sekedar menunggu formasi yang digodok dari pemerintah pusat. Untuk sistem perekrutan, kata dia, akan dimulai dari jenjang sarjana hingga jenjang SMA.

‘’P3K berbeda jauh dengan honorer kategori K-2. Kalau K2, mereka honor namun P3K dilakukan tes murni. Tes ini bukan diprioritaskan peserta K2 ataukah sedang honor. Tetapi akan dikhususkan bagi calon sarjana dan lulus SMA. Cuma sistem formasi seperti apa masih tetap menunggu informasi pusat. Pemkot Ambon masih pelajari sistemnya.

Menyangkut anggaran tetap akan dibayar dengan  Dana Alokasi Umum  (DAU),” ucap dia.
Disinggung terkait nasib pegawai honorer, dia mengaku tetap akan diperhatikan dan mereka akan dimasukan dalam daftar untuk diangkat sebagai PNS. Sedangkan P3K nantinya tetap menjalankan tugas  sama  seperti  pegawai lain.

‘’Gaji P3K sama dengan gaji PNS namun P3K tidak mendapatkan gaji pensiun. Kalau K2 tidak setara justeru sangat beda,’’ tambah dia.

Di jelaskan, program P3K merupakan kebijakan nasional. Semua warga yang memenuhi syarat bisa mengikuti seleksi. ‘’Ini juga untuk mengurangi pengangguran di daerah ini,’’ beber Selanno.(AID)

Most Popular

To Top