DPRD Siap Bila BNN Tes Urine – Ambon Ekspres
Metro Manise

DPRD Siap Bila BNN Tes Urine

Pormes : Dukung Indonesia Bebas Narkoba

AMBON,  AE— Anggota DPRD Ambon membuka diri menyambut Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk segera melakukan tes urine guna memastikan para wakil rakyat itu bebas dari narkoba.

Sejumlah anggota dewan menilai, tahapan tes urine sudah dilakukan saat mereka mencalonkan diri menjadi anggota DPRD. Dan jika ingin dilakukan tes urine kembali, maka perlu ada surat resmi ke DPRD dan sesuai dengan mekanisme. “Saat UU mengisyaratkan kita menjadi calon anggota DPRD, seluruh calon wajib melakukan tes urine di BNN dan ada rekomendasi bebas narkoba dari BNN. Berarti calon anggota DPRD yang lolos sebagai anggota itu sudah sudah lolos tes narkoba. Tapi jika disaat dalam masa jabatan sekarang, kita juga patut menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dan kami mendukung dan berikan apresiasi positif bagi BNN untuk segera dilakukan,” tutur anggoa Komisi I DPRD Ambon, Zeth Pormes kepada wartawan di DPRD Ambon, Selasa (24/2).

Dikatakan, pemeriksaan urine ini disambut positif DPRD Ambon, karena narkoba adalah musuh dari Indonesia saat ini. Dimana kebijakan presiden dalam eksekusi mati terhadap bandar narkoba menunjukkan Indonesia saat ini sedang melakukan perlawanan terhadap narkoba. “Kami siap untuk menerima tantangan dari BNN. Kapan saja melakukan tes urine.

Namun bukan saja kepada DPRD tetapi bagi pihak penegak hukum juga yakni kepolisian, kejaksan dan pegawai pemerintah maupun swasta. Kalau kebijakan dilakukan kepada seluruh institusi negara maupun swasta didaerah, saya rasa kesadaran orang untuk memerangi narkoba itu sangat tinggi,” ungkapnya.

Pormes mengaku, demi kebaikan bersama untuk daerah khususnya Kota Ambon ini, maka DPRD Ambon siap dilakukan pemeriksaan urine. Karena yakin seluruh anggota DPRD Ambon yang berjumlah 35 orang ini, pastinya bebas dari narkoba dan siap menjalani tes lanjutan, jika diminta kembali oleh BNN. “Kita lihat peraturan itu seperti apa. Kita mau menjadi contoh bagi masyakat bahwa DPRD siap diperiksa dan kami yakin DPRD Kota Ambon bebas dari narkoba. Maka tes urine ini harus segera dilakukan dengan ditindaklajuti dengan tindakan nyata,” pintanya.

Tempat yang sama, anggota Komisi I DPRD lainnya, M Novan Liem menambahkan, keinginan BNN melakukan tes urine adalah suatu kebijakan positif yang perlu didukung oleh seluruh anggota DPRD Ambon. Akan tetapi, lanjut dia, perlu dilakukan sesuai mekanisme dan harus ada surat resmi yang dilayangkan ke DPRD.
“Kita siap menjalankan itu dan kita mendukung,” tutur Politisi PPP ini.

Menurutnya, bukan saja DPRD yang menjadi teladan bagi masyarakat, namun perlu menyurati kepada walikota agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) menjadi contoh awal bagi masyarakat di Kota Ambon untuk benar-benar terbebas dari narkoba. Dirinya berharap, program nasional yang diterapkan di daerah ini bisa dijalankan dengan baik dan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. ‘’Prinsipnya kami besedia dan harus segera dilakukan. Yang penting sesuai mekanisme,” tutup Novan.(ISL)

Most Popular

To Top