Pernah Dapat Juara Perpustakaan Terbaik – Ambon Ekspres
Pendidikan

Pernah Dapat Juara Perpustakaan Terbaik

PERPUSTAKAAN Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Batumerah pernah meraih juara tiga perpustakaan terbaik tingkat Provinsi Maluku pada 2014. Demikian ungkap salah satu Pengurus perpustakaan MTs tersebut, Norma Kasim, Selasa (24/2).

Hal tersebut wajar saja, karena untuk ukuran perpustakaan  sekolah menengah pertama, ruangannya cukup luas dan nyaman. Selain itu, koleksi buku yang dimiliki lumayan banyak, sekitar 10.000 eksempelar lebih dengan 1.336 judul buku.

Tapi dari jumlah tersebut, pihak MTs Negeri Batumerah terus berupaya untuk menambah jumlah koleksi buku, terutama untuk jenis buku terbaru.

Jenis koleksi buku yang dimiliki juga beragam, mulai dari buku paket pelajaran dan referensi guru, buku agama, buku umum, sastra dan sebagainya.

“Kami pernah meraih jara tiga perpustakaan terbaik yang diadakan Perpustakaan Provinsi Maluku pada 2014 lalu.

Tapi tahun ini (2015), belum ada,” kata Norma.

Tapi bukan hanya berusaha menambah koleksi buku, pihaknya juga berusaha menarik minat siswa untuk berkunjung keperpustakaan. Misalnya program relawan perpustakaan yang dilakukan pada 2014 lalu.

“Relawan itu, siswa yang diperbantukan di perpustakaan. Mereka membantu kami mencatat peminjaman maupun pengembalian buku oleh siswa. Mereka cukup membantu, terutama pada saat banyak siswa yang berkunjung dan melakukan peminjaman,” terangnya.

Selain membantu, terangnya, program relawan juga merupakan upaya untuk membiasakan siswa masuk ke perpustakaan. “Mereka kadang memanggil temannya untuk datang juga ke perpustakaan, walau sekedar melihat saja.

Tapi itu akan menanamkan kebiasaan keperpustakaan, awalnya sekedar lihat dan bermain, tapi nanti mereka juga pasti akan membaca,” lanjutnya. (ADI)

Most Popular

To Top