SKPD Harus Transparan Kelola Keuangan – Ambon Ekspres
Amboina

SKPD Harus Transparan Kelola Keuangan

AMBON, AE.—Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkot Ambon diharapkan menyatukan persepsi dan sepaham untuk mencegah terjadinya kerugian negera dalam pengelolaan keuangan daerah. Hal tersebut di sampaikan Walikota Ambon Richard Louhanepessy kepada wartawan di Balaikota, Rabu (25/2).

Dikatakan, kepala dinas dilingkup Pemkot Ambon harus terbuka terkait pen geloaan keuangan daerah di- lingkup SKPD masing-ma sing.

Walikota tidak ingin ket ika ada tim Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) yang melakukan pemeriksaan ke mudian pimpinan SKPD haru s diwakili.

”Kepala dinas tid ak perlu takut menyangkut tra nsparansi keuangan dilingkup masing-masing. Sebab yang lebih tahu dan berperan adalah pimpinan SKPD. Saya tidak  ingin kalau ada SKPD malu untuk terbuka. Apalagi tertutup menyangkut transpransi keuangan yang dikelolala masing-masing dinas,’’ terang dia.

Menurut dia, Pemkot Ambon harus lebih mengedepa nkan pelayanan dan tetap tr anspran, professional dan akuntabel. ”Keseragaman opi ni, persepsi, penilaian dan visi semua itu akan mencegah penyelewengan keuangan negara,’’ imbuhnya.

Walikota menjelaskan, sis tim otonomi daerah merupakan langkah strategi untuk masyarakat dan juga memperkokoh keuangan daerah. Secara ekonomi, SKPD Kota Ambon harus lebih memperhatikan dan memahami regulasi yang sering ada perubahan.

Untuk itu, kata dia, dalam rangka mengimplementasi pe raturan pemerintah Nomor 71 tahun 2012 maka dibutuhkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dalam pengelolaan dalam pertanggungjawaban keuangan daerah.

“Hal itu perlu dipelajari sehingga pada saat tim BPK datang atau mengundang untuk mempersentasekan unsur keuangan dilingkup SKPD masing-masing jangan diwakili.

Pastinya selaku walikota, saya berharap semua SKPD harus menunjukan sikap tanggung jawab untuk mengelola asset keuangan yang dipercayakan tersebut,’’ pungkas dia. (AID)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!