Wapres Ber-KTP Ambon Tiba Hari Ini – Ambon Ekspres
Trending

Wapres Ber-KTP Ambon Tiba Hari Ini

AMBON,AE— Wakil presiden RI  Muhammad Jusuf  Kalla dijadwalkan tiba di Ambon, hari ini. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia ini untuk membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Gubernur se- Indonesia. Ribuan personil TNI dan Polri diterjunkan  untuk  mengamankan  kedatangan mantan wakil presiden di era pemerintahan presiden SBY  ini, yang juga penduduk terhormat Kota Ambon.

ya, Wapres akan tiba pukul 15 : 45 Wit di Kota Ambon,’’ ungkap Kepala Bagian Humas Setda Provinsi Maluku, John Hursepuny, ketika dikonfirmasi Ambon Ekspres, kemarin. Pembukaan Rakernas APPSI akan digelar di rumah dinas kediaman Gubernur Maluku, di kawasan Mangga Dua, Ambon. Sementara Rakernas APPSI akan dilaksanakan pada 27 hingga 28 Februari.

Sementara itu, sebanyak 2.600 anggta TNI/Polri diterjunkan untuk mengamankan kedatangan Wapres. Kepala penerangan kodam VXI/Pattimura Letnan Kolonel Arm. Hasyim Lalhakim, kepada wartawan di Makodam XVI/Pattimura, Rabu kemarin menjelaskan, pengamanan kedatangan RI dua itu, menjadi tanggungjawab pasukan pengamanan presiden (Paspamres), dan tanggungjawab Kodam XVI/Pattimura.

“Sesuai dengan Undang-Undang nomor 34 Tahun 2004, tentang pengamanan VIP, Presiden dan Wakil Presiden, merupakan tanggungjawab TNI, sementara Peraturan Pemerintah nomor 59 tahun 2013, pengamanan tanggungjawab paspamres. Oleh karena itu pengamanan ini merupakan tanggungjawab Kodam XVI/Pattimura,” tegasnya.

Pengamanan yang berlangsung selama kedatangan Wapres RI ke Kota Ambon itu, telah dilakukan sejak Rabu kemarin. “Ini pengamanan VIP. Ada 2600 personil gabungan TNI/Polri, di luar paspampres. Kita libatkan seluruh satuan yang ada di Kodam termasuk Polda. Pengamanan ini menjadi tanggungjawab Kodam,” katanya.

Pria dengan dua melati itu menegaskan, untuk sistem pengamanan pihaknya masih terus berkoordinasi dengan paspamres maupun pemerintah provinsi Maluku.

“Kita berkordinasi yang pastinya jadwal kedatangan pak Wapres sudah kami terima. Dan untuk teknis pengamanan kami akan lakukan bersama. Termasuk dengan mensterilkan seluruh tempat yang bakal dikunjungi pak wapres, salah satunya kediaman pak gubernur,” tuturnya.

Berangkat dari peristiwa 2007 silam, lanjut Hasyim, pihaknya telah melakukan sterilisasi terhadap seluruh tempat yang ada. Mulai dari bandara hingga lokasi kegiatan rakor gubernur se-Indonesia itu.

“Pengamanan ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 151/Binaiya, Kolonel Inf. Tri Nugraha Hartanta. Semua titik yang dilewati Wapres telah kita amankan dan tempatkan anggota. Gabungan seluruh satuan yang ada. Baik itu TNI AD,TNI AL, TNI AU maupun Polri,” bebernya.

Meski demikan, dirinya tetap optimis kedatangan Wapres, dalam membuka pelaksanaan rakor gubernur se-Indonesia, ini akan berlangsung aman. “Kamis tiba Jumat paginya balik ke Makassar. Kita mengharapkan dukungan dari seluruh pihak sehingga kegiatan yang dihadiri oleh pak Wapres ini berlangsung aman,” tutupnya. (MAN/AHA)

Most Popular

To Top