Airport Tax Menyatu dengan Tiket Pesawat – Ambon Ekspres
Amboina

Airport Tax Menyatu dengan Tiket Pesawat

Sonny Pongoh: Garuda Siap Jalani Aturan Kemenhub

AMBON,AE.—Terhitung 1 Maret 2015, tarif passenger service charge (PSC) akan disatukan dengan tarif tiket pesawat terbang. Hal ini tercantum dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, tentang pembayaran PSC disatukan dengan harga tiket penumpang. PSC ini sendiri lazim disebut dengan airport tax.

General Manager PT. Garuda Indonesia (persero) Branch Office Ambon, Sonny Pongoh mengatakan, pastinya, aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ini akan dijalankan oleh setiap maskapai. Dan Garuda siap untuk menjalan aturan dari Kemenhub tersebut.

“Peraturan sudah dikeluarkan, Garuda siap untuk bekerjasama dengan PT Angkasa Pura untuk menerapkan aturan baru tersebut,”katanya Kepada Ambon Ekspres, di ruang kerjanya, Kamis(26/2).

Menurutnya, penggabungan airport tax ke dalam tiket ini sangat penting, mengingat hal tersebut dilakukan oleh hampir seluruh bandara besar di dunia internasional, sehingga tidak merepotkan penumpang.

“Secara langsung, ini juga memberikan kemudahan bagi para penumpang untuk tidak membuang waktu saat mengantri membayar airport tax di bandara,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, hal ini juga memberi satu keuntungan bagi Angkasa Pura. Dimana pihak Angkasa Pura hanya akan menerima setoran airport tax dari setiap maskapai.

“Setiap maskapai secara langsung akan  menyetorkan airport tax yang telah dibayarkan oleh penumpang. Aturan ini juga sudah ada sebelumnya, sehingga Garuda sudah menjalankannya dan terbukti hanya Garuda yang  menerapkan penggabungan tersebut. Sehingga para penumpang Garuda pun mendapat jalur khusus di bandara karena tidak harus membayar airport tax lagi, sehingga sangat memudahkan penumpang,”tuturnya.

Ditambahkan, mengenai penumpang yang telah mengantongi tiket sebelum tanggal 1 Maret 2015,  penumpang tersebut akan tetap membayar airport tax di bandara keberangkatan.

“Nanti akan dicek. Sehingga walaupun harga tiket yang dibeli belum termasuk tarif airport tax, penumpang tetap harus membayar kepada pihak bandara,”simpulnya.(IWU)

Most Popular

To Top