Ambon-Vlissingen Akan Gelar Pemeriksaan Penyakit Mata – Ambon Ekspres
Metro Manise

Ambon-Vlissingen Akan Gelar Pemeriksaan Penyakit Mata

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Vlissingen-Belanda kembali akan melakukan pemeriksaan dan penaggulangan penyakit mata gratis bagi warga kota Ambon, di Klinik mata Ambon – Vlissingen (AV) yang terletak di Negeri Passo, pada 2 hingga 13 maret mendatang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pemeriksaan dan penanggulangan penyakit mata kali ini tidak hanya terbatas pada penyakit katarak saja, tapi juga seluruh penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

Kepala Klinik mata AV, Daniel Siegers mengtatakan, pemeriksaan dan penanggulangan penyakit mata tersebut akan dilakukan oleh tim dokter Berman Clinic Eye Center Belanda.

“Bagi warga Kota Ambon yang memiliki gangguan kesehatan mata dapat melakukan pemeriksaan dan tindakan di klinik mata AV. Pemeriksaan dan tindakan dilakukan secara gratis dan terbuka untuk umum,” kata Daniel, di Balai Kota Ambon, Kamis (26/2).

Menurut dia, pemeriksaan dan penaggulangan penyakit mata merupakan upaya perwujudan kesehatan mata bagi warga kota Ambon. Sehingga warga Kota Ambon yang memiliki gangguan kesehatan mata dan ingin memngikuti program tersebut dapat segera mendaftarkan diri pada Puskesmas terdekat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon atau langusng ke klinik mata AV, karena proses pemeriksaan mata dimulai dengan screening yang dimulai pada 1 Maret nanti, dilanjutkan dengan tindakan operasi oleh tim medis.

Pada program kali ini, kata Daniel, pihaknya tidak menargetkan jumlah pasien yang akan dilayani karena pemeriksaan dilakukan selama 12 hari kerja. Tapi jika banyak pasien yang mendaftar, maka pihaknya akan mendahulukan pasien yang kurang mampu.

Selain melakukan pemeriksaan dan tindakan gratis, klinik mata AV juga akan melakukan pelatihan tenaga medis dan non medis penyakit mata. Hal tersebut dilakukan karena klinik tersebut masih kekurangan tenaga perawat.

Dia mengakui, klinik mata AV telah beroperasi di Kota Ambon sejak Januari lalu. Tapi tidak terbuka bagi umum, melainkan hanya melayani warga pengguna BPJS. (PRO2)

Most Popular

To Top