Gasperz : Kepentingan Maluku Mesti Diutamakan – Ambon Ekspres
Politik

Gasperz : Kepentingan Maluku Mesti Diutamakan

AMBON,AE— Pertemuan Wakil Presiden, Jusuf Kalla  dengan Gubernur se Indonesia, hari ini di Kota Ambon, kembali diapresiasi sejumlah anggota DPRD Maluku. Mereka berharap, selain membahas isu nasional kepentingan Maluku mesti menjadi prioritas.

Tentu  rapat kerja APSI dibuka Wapres dan dihadiri para Gubernur, setidaknya kepentingan Maluku menjadi pembicaran. Intinya pertemusan itu ada manfaat bagi Maluku khususnya pembangunan infrastruktur,” kata Sekretaris Komisi C DPRD Maluku, Robi Gasperz kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Politisi Gerindra ini mengaku,  sesuai program Presiden Jokowi soal tol laut, dan proros maritim. Bahkan, kata dia, program itu telah ditindaklanjuti komisi ke kementrian perhubungan dan Bapenas. ”Apresiasi pihak Kemenhub dan menteri Bapenas  untuk membangun infrastruktur perhubungan. Nah, saat pertemuan Wapres dan para Gubernur setidaknya persoalan ini di suarakan dan perjuangkan,” terangnya.

Dia mengaku, persolan perhubungan laut, darat dan udara sangat dibutuhkan untuk mendukung program tol laut dan poros maritim.”Saat ini Maluku masih membutuhkan dermaga dan armada kapal penumpang yang memadai.

Maluku juga butuh  lapangan terbang dan peningkatan status jalan kabupaten/kota ke provinsi dan status jalan provinsi ke jalan nasional dan strategis nasional. Ini persoalan yang dihadapi masyarakat saat ini. Ini dilakukan untuk membuka keterisolasian didaeah ini dan membantu menghubungkan untuk konektivitas poros maritim dan tol laut,”paparnya.

Tak hanya itu, dia mengaku, kepentingan Maluku di pusat  seperti Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan PI 10 persen Blok Migas Marsela dan provinsi kepulauan jadi masukan dan perhatian.

”LIN sudah ada MoU, namun payung hukumnya belum ada. PI juga belum ada restu Pempus. Provinsi kepulauan juga semakin kabur,”sebutnya.

Wakil Ketua Komisi B, Abdullah Marasabessy mengatakan, rapat APSI sedianya bermanfaat bagi pembangunan di Maluku. Apalagi, sebut dia, janji Presiden Jokowi dan Wapres Jusug Kalla kalau akan mereleasasikan kepentingan Maluku dipusat. ‘’Saya kira kepentingan Maluku dipusat saat ini saatnya di releasasikan. Apalagi ini janji politik saat kampanye,”ingatnya.

Apalagi, sebut dia, saat pertemaun ada sejumlah Gubernur provinsi kepulauan yang hadir dalam rapat APSI. Dia berharap, ada rekomendasi untuk perjuangan mereleasasikan keinginan ada perlakuan khusus daerah kepulauan. ”Saatnya kita bersatu melakukan yang terbaik bagi daerah kita,”ingatnya.

Dia berharap, kepentingan Maluku saatnya direleasasikan. Sekretaris DPW NasDem ini berharap,keinginan putra Maluku masuk menteri tidak diakomodir mestinya diganti dengan realisasi kepentngan Maluku dipusat. ”Saat ini kita butuh program dan kepentingan Maluku segera direleasasikan.

Ini agar menekan angka kemiskinan dan menumbuhkan semangat nasionalisme memilki negara ini,” pungkasnya.(JOS)

Most Popular

To Top