Pemkot Akan Tambah Armada Sampah – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pemkot Akan Tambah Armada Sampah

AMBON, AE— Semakin meningkatnya volume sampah di Kota Ambon membuat Pemkot Ambon harus menyediakan armada lebih untuk membersihkan kota ini.  Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Ambon  kembali akan melakukan pembenahan pengadaan dua buah mobil truk sampah sebagai armada untuk menyelesaikan sampah yang diperkirakan mencapai 100-120 ton per hari. Hal tersebut di sampaikan Kepala Dinas Kebersihan dan

Pertamanan Kota Ambon, Morist Robert Lantu kepada Ambon Ekspres di Balaikota Ambon, Selasa (24/2).

Menurut dia, tahun ini volume sampah semakin meningkat. Volume sampah tersebut dibedakan atas sampah organik dan non organik. ‘’Sebelum sampah rumah tangga dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ditimbang dulu untuk diketahui besarnya volume sampah. Setelah itu baru dibawa ke lokasi  Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” ujar Lantu.

Untuk mengantisipasi hal itu, kata dia, perlu diantisipasi dengan penambahan armada sampah. “Sekitar 10 ton sampah sering terlambat diangkut karena keterbatasan armada. Olehnya itu harus ada penambahan armada supaya bisa diselesaikan dalam sehari,” kata dia.

Sekedar informasi, kata dia,  setelah masuk ke TPA sampah tersebut dipilah mana sampah organik dan non organik sehingga diolah kembali menjadi sesuatu yang berguna. “Organik itu diolah menjadi pupuk untuk dikonsumsi keperluan lahan pertanian, sedangkan non organik di ambil oleh pemulung untuk di pergunakan kembali,” jelas dia.

Terkait armada atau mobil truk  sampah, kata Lantu, pihaknya berupaya akan menambahkan sekitar 5 hingga 10 unit. Namun kali ini  baru diluncurkan 2 unit guna membantu armada lain. ‘’Sampah juga sempat menumpun karena 3 unit armada sampah juga mengalami kerusakan.

Armada itu beroperasi di Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe. Armada itu juga kami nilai sudah tidak layak untuk beroperasi,” terang dia. (AID)

Most Popular

To Top