Pemkot Siap Hadapi Penilaian Adipura – Ambon Ekspres
Metro Manise

Pemkot Siap Hadapi Penilaian Adipura

Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon siap menghadapi penilaian adipura yang akan berlangsung pada Maret hingga April nanti. Hal tersebut disampaikan kepala BPDL Kota Ambon, Lucia Izaak, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, kamis (26/2).

Dia mengatakan, penilaian adipura oleh tim BLH Provinsi dan Kementrian Lingkungan Hidup akan dilakukan secara ketat. Bahkan sesuai jadwal, mereka akan mengunjungi sejumlah lokasi, diantaranya, Rumah Sakit Umum (RSU), termasuk sejumlah puskesmas dan rumah sakit di Kota Ambon, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Universitas Pattimura dan Pelindo wilayah IV Ambon.

“Wali Kota telah melakukan pertemuan bersama pihak RSU, PPN, Sabandar dan Unpatti untuk melihat kebersihan yang ada disana, dan mereka siap untuk menyukseskan penilaian adipura yang akan berlangsung di Kota Ambon,” terangnya.

Penilaian adipura, kata dia bukan hanyadari segi kebersihan, namun cara pengolahan sampah juga merupakan hal utama untuk meraih adipura. “Kebersihan merupakan syarat utama untuk memperoleh adipura, makanya kita minta partisipasi semua pihak untuk menjaga kebersihan di Kota Ambon,” ujarnya.

Menurut dia, tropi Adipura sangat penting bagi masyarakat Kota Ambon. masyarakat sudah sangat merindukan tropi tersebut. “Kota Ambon perna memperoleh tropi ini beberapa kali. Tapi dalam kurun waktu 17 tahun terakhir, Kota Ambon baru mendapatkannya kembali pada 2014,” ungkapnya.

Pertama kali Kota Ambon mendapatkan tropi Adipura pada 1988, setelah itu pada 1991 hingga 1994. 1995, Kota Ambon hanya mendapat penghargaan sertifikat Adipura saja. Baru pada 1996, Kota Ambon kembali mendapatkan tropi Adipura.

Setelah mendapa tropi adipura pada tahun 1996, Kota Ambon tidak pernah lagi mendapatkan penghargaan tersebut hingga tahun 2011. Penghargaan baru didapat Kota Ambon pada tahun 2012, namun hanya berupa sertifikat adipura.

“Selama 17 tahun, Kota Ambon tidak pernah mendapatkan tropi adipura, dan saat ini kita mendapatkannya kembali pada 2014 lalu,” ungkapnya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh warga Kota Ambon untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga predikat dan trofi adipura dapat kembali diraih Kota Ambon pada 2015 ini. “Saya minta, warga Kota Ambon untuk menjaga kebersihan,” tandasnya. (PRO2)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!