Rumkit Lantamal Miliki Fasilitas Terapi HBO – Ambon Ekspres
Amboina

Rumkit Lantamal Miliki Fasilitas Terapi HBO

AMBON, AE.—Rumah sakit (Rumkit)  TNI AL Dr FX Soeharjo di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memiliki fasilitas khusus terapi oksigen hiperbarik atau Hyperbaric Oxygen Therapy (HBO).

Terapi ini adalah terapi medis dimana pasien dalam suatu ruangan menghirup oksigen murni  bertekanan tinggi (hyperbaric chamber). Saat ini, baru RS ini yang memiliki fasilitas terapi chamber di Maluku khususnya Kota Ambon yang bermanfaat untuk kebugaran, kecantikan, geriatik dan mudah lupa serta manfaat lainnya.

Kepala RS TNI AL FX Soeharjo, Letkol Laut (K) Dr Hisnindarsyah SE, M.Kes CFEM mengatakan, terapi oksigen hiperbarik ini  merupakan satu-satunya metode terapi oksigen yang paling ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hal ini karena terapi tersebut didukung bukti-bukti dari hasil penelitian serta selama proses terapi selalu dipantau dokter ahli hiperbarik.

“Masyarakat bisa bergabung bersama kami sebelum terlambat dan timbul penyesalan dikemudian hari. Sebab bersama HBO anda akan lebih bugar, sehat, cantik dan awet muda,” ajak Hisnindarsyah kepada wartawan di RSAL Dr. FX Soeharjo, Kamis (26/2).

Dijelaskan, proses terapi HBO tergolong sederhana karena diawali dengan konsultasi dan pemeriksaan dokter untuk menentukan ada setidaknya kontra indikasi mengikuti terapi ini.

Pasien kemudian akan masuk ke dalam chamber hiperbarik ini untuk menghirup oksigen murni.

Selama terapi, pasien akan didampingi perawat yang berpengalaman dibawah pengawasan dokter ahli hiperbarik.

“HBO adalah terapi dengan memberikan oksigen 100 persen saat bernafas pada tekanan lebih dari suatu atmosfir melalui media Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT). Di dalam hyperbaric chamber, pasien dapat melaksanakan senam dan goyang mengikuti alunan musik yang diiputar operator,” ungkap Hisnindarsyah.

Manfaat HBO ini, lanjut dia, dapat mengatasi kebugaran terhadap pria maupun wanita sehat yang ditujukan untuk meniungkatkan dan mempertahankan kebugaran tubuh. Agar diperoleh kapasitas kerja, kualitas hidup yang optimal dan segela kelelahan fisik dengan cepat dapat teratasi.

Untuk kecantikan, lanjut dia, bagi wanita muda usia dibawah 40 tahun ditujukan dengan meningkatkan elastisitas kulit, menghaluskan dan melembabkan kulit serta peremajaan sel-sel tubuh. Dengan oksigenasi yang baik terhadap sel-sel kulit yang tua  maka dengan cepat akan diganti dan diremajakan.

Selain itu, untuk geriatrik dan mudah lupa, sambung dia, orang sehat muda maupun tua yang sudah mengalami proses menua atau pikun (demensia dan alzheimer), maka gejala-gejala tersebut  dapat teratasi dengan terapi HBO.
Danlantamal IX Laksma TNI Arusukmono bersama 3 anggotanya sempat mencoba peralatan tersebut. Mereka dipandu dokter ahli dan operator.

Menurut Arusukmono, mesin terapi oksigen yang didirikan pada tahun 1982 ini dan diresmikan oleh Kajankesal Laksma TNI Dr Soesanto pada 8 April 1984. “Terapy ini sangat luar biasa. Setelah saya mencoba, ternyata didalamnya itu tidak panas. Ini membangkitkan semangat lagi.

Karena sementara ini hanya mencapai tiga puluh meter, maka sebaiknya bagi pemula diberikan sekitar 15-20 meter demi menjaga kenyamanan,” tandasnya pasca mencoba peralatan HBO. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!