Wapres Tiba di Ambon – Ambon Ekspres
Trending

Wapres Tiba di Ambon

AMBON, AE— Wakil presiden RI Muhammad Jusuf Kalla, sore kemarin, tiba di Ambon sekira pukul 15.40 dengan pesawat milik TNI AU. Dari Bandara Pattimura dia menuju Hotel Natsepa, di Suli, Kabupaten Maluku Tengah. Setelah itu menuju kediaman Gubernur Maluku di Mangga Dua.

Malamnya, Wapres membuka kegiatan APPSI. Dalam sambutannya dihadapan para gubernur, Wapres mengatakan, masalah kemiskinan harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Kemiskinan menjadi hambatan besar dalam upaya memajukan daerah. Daerah akan maju bila masyarakat sudah makmur.

Hal ini disampaikan Wapres saat membuka Rapat Kerja Nasioanal Asosiasi Pemerintah Provinsi se-Indonesia (APPSI) di kediaman Gubernur Maluku, tadi malam. Pemerintah di daerah diminta bekerja keras, saling bersinergi, selalu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat.

Pemerintah daerah, kata Wapres, menjadi ujung tombak penyelengaraan pemerintahan dan pembangunan. “Kemakmuran akan terwujud bila kita bisa mengurangi kemiskinan. Salah satunya dengan menyediakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Karena itu, Wapres berharap, melalui Rakernas APPSI dapat melahirkan pikiran yang menjadi masukan bagi perbaikan kondisi di semua daerah di Indonesia. Perbaikan ekonomi masyarakat harus diperhatikan. Potensi sumber daya alam yang dimiliki masing-masing daerah sudah harus dimanfaatkan secara maksimal.

“Kita bisa memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian, sehingga ada kestabilan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Ketua Umum APPSI, Sahrul Yasin Limpo mengakui, potensi sumber daya alam menjadi isu yang akan didisikusikan dalam Rakernas APPSI nanti. masalah potensi sumber daya alam ini yang turut melandasi penyelenggaraan Rakernas APPSI. “Kami juga berpandangan, bahwa dengan mengoptimalkan potensi sumber daya alam, kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan,” katanya.

Komandan para gubernur se Indonesia ini mengungkapkan, sebagai wakil pemerintah pusat di daerah akan selalu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah pusat, dalam rangka pelaksanaan berbagai program pembangunan dan pemerintahan di tingkat daerah. “Kita punya satu tekad, taat terhadap pemerintah pusat, selalu bekerja untuk kepentingan masyarakat, kepentingan daerah, dan untuk kepentingan negara,” tegasnya.

Guberenur Maluku Said Assagaff dalam ucapan selamat datangnya, berharap, dengan dengan penyelengaraan Rakernas APPSI, sinergitas semua daerah bisa ditingkatkan. Berbagai masalah yang ada dalam pemerintahan di daerah, dapat didiskusikan dalam Rakernas, kemudian mendapat solusi yang baik.

“Semoga dengan Rakernas APPSI, berbagai masalah yang kita hadapi, mendapat solusi yang baik. Dengan tentu berharap perhatian dari pemerintah pusat,” kata Assagaff.

Turut hadir dalam pembukaan Rakernas APPSI tersebut, Ketua BPK RI Harry Azhar, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan sejumlah pejabat lain dari pemerintah pusat.

Rakernas direncanakan akan berlangsung tanggal 27-28 di kota Ambon ini, dihadiri oleh 22 gubernur di Indonewsia, sementara 6 enam lainnya diwakili oleh wakil gubernur masing-masing, termasuk Gubernur DKI Jakarta, Ahok yang tidak hadir. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!