IMB Sumber PAD Bagi Pemkot – Ambon Ekspres
Amboina

IMB Sumber PAD Bagi Pemkot

AMBON, AE.—Dinas Tata Kota Ambon memprediksi tahun 2015 Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tetap akan menjadi sumber terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti tahun 2014. Hal tersebut disampaikan Kadis Tata Kota Ambon, Denny Lilipory kepada wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Lilipory mengatakan, salah satu sumber terbesar bagi PAD untuk Kota Ambon adalah IMB selain pajak dan retribusi. “Bagi warga Ambon baik itu pengusaha luar maupun dalam daearah yang ingin menanam investasi di kota ini patut memiliki ijin,” ucap dia

Menurut dia, biaya IMB bervariasi. Misalnya dikeluarkan untuk membangun tempat usaha, pertokoan maupun perumahan hingga hotel atau mall. Tahun 2014 lalu, pengelolaan hasil PAD lewat IMB mendatangkan investasi yang cukup signifikan. Oleh sebab itu, diupayakan tahun 2015 ini menjadi perhatian khusus dimana IMB bisa menggenjot PAD dari Dinas Tata Kota Ambon.

Dirinya mengaku, saat instansi ini dipimpin Moh Novel Masuku, PAD Pemkot Ambon dari penghasilan IMB sudah cukup signifikan. Pengurusan IMB juga tidak dipersulit untuk siapa saja yang ingin memajukan dan membangun kota ini lebih mandiri dan menopang perekonomian yang ada. “Tahun lalu penghasilan dari IMB cukup besar dan menjadi sumber terbesar PAD. Tinggal bagaimana tahun ini dipoles kembali sehingga mencapai penghasilan yang memuaskan,’’ ucap dia.

Dijelaskan, tahun 2014 PAD dari pengurusan IMB ini mencapai Rp 5 miliar. Padahal yang ditargetkan hanya sebesar Rp 3,5 miliar. Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk mengurus IMB semakin tinggi bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2015 ini, kata dia, pihaknya menargetkan PAD dari  IMB sebesar Rp 4,1 miliar. ‘’Diharapkan pendapatan ini lebih meningkat walaupun ada rencana pemutihan IMB yang akan dilakukan di April mendatang,’’ tutur dia. (AID)

Most Popular

To Top