KONI Maluku Perketat Seleksi Atlet Menuju PON – Ambon Ekspres
Olahraga

KONI Maluku Perketat Seleksi Atlet Menuju PON

Promdeg Tetap Berlaku

AMBON, AE.—Seleksi atlet Maluku yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bandung, Jawa Barat 2016 akan diperketat.KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Maluku bakal mererapkan target peringkat prestasi bagi atletnya.

Perekrutan atlet dimulai dari hasil Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) III di Kota Ambon akhir tahun lalu.Atlet yang akan diturunkan pada PON XIX/Jawa Barat minimal harus mendapat mendapat peringkat dua di pelbagai event.Aturan ini berlaku bagi semua cabang olahraga (cabor).

Wakil Ketua II KONI Maluku, Albert Fenanlampir menyatakan, penetapan target ini cukup efisien mengingat peserta yang melakoni Popmal  berasal dari atlet kabupaten/kota di Maluku.’’ Yang berprestasi di Popmal dan beberapa kejuaraan nasional, tetap diakomodir,’’ terang Fenanlampir kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Saat ini, kata pria kulit putih ini, KONI Maluku tengah mempersiapkan atlet untuk turun di babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) 2015.Dari puluhan cabor yang akan mengikuti babak kualifikasi PON, beberapa diantaranya masuk cabor unggulan alias punya peluang besar meraih medali Pra PON tahun ini.’’ Kami sudah lakukan pemetaan bagi cabor yang diprediksi bisa meraih medali,’’ beber dia.

Walau demikian, Fenanlampir tidak ingin melepaskan perhatiannya kepada cabor non unggulan yang tidak masuk Pemusatan Latihan Daerah untuk proyeksi Pra PON.Fenanlampir memberi tantangan sekaligus semangat kepada semua cabor baik unggulan atau non unggulan, agar berlomba meraih medali babak kualifikasi PON tahun ini.’’

Semua cabor punya peluang sama meraih medali. Tinggal kerja keras dan kemauan kuat saat bertanding. Saya berharap semua cabor bisa meraih medali minimal perunggu,’’ harap Fenanlampir.

Dikatakan, KONI Maluku akan memberikan perhatian lebih kepada cabor atau atlet yang berhasil meraih medali Pra PON tahun ini.

’’ Kami telah memutuskan hanya mempersiapkan atlet peraih medali emas, perak, atau perunggu Pra PON untuk PON Jabar 2016 nanti. Tentu mereka akan diberi perhatian lebih sebelum turun di PON,’’ ujarnya.

’ Masukan dan saran dari masyarakat maupun pemerhati olahraga kepada KONI Maluku sangat penting, karena dinilai sangat berpengaruh terhadap perkembangan olahraga di daerah ini,’’ imbuhnya.

PROMOSI DAN DEGRADASI TETAP DIPERTAHANKAN

Di Tahun 2015 ini, KONI Maluku  akan tetap memakai sistem promosi- degradasi (Promdeg).Ini semua dilakukan guna menjaga persaingan dan meningkatkan prestasi olahraga di Maluku.

Saat ini, KONI Maluku telah memiliki tiga jenis pembinaan atlet yakni dimulai dari tingkatan paling atas yakni andalan, prioritas dan potensial.

’’ Sistem ini (Promdeg) tidak diterapkan kepada atlet saja, namun juga pelatih yang akan membina, membentuk dan menemukan bakat atlet yang akan dibina,’’ ungkap Ketua Harian KONI Maluku, Toni Pariella, kemarin.

Pria kacamata ini menyebutkan,  KONI Maluku memiliki beberapa atlet yang berkualitas.Mereka sementara melakoni program TC yang dilakukan oleh KONI Maluku tahun lalu.’’ Jadi sistem degradasi ini merupakan kesempatan bagi atlet untuk terus  memperbaiki diri diri,’’ jelasnya.

Dikatakan, babak kualifikasi PON 2015 akan diikuti oleh semua cabang olahraga.’’ Tanpa ikut Pra kualifikasi PON,  jangan mimpi ikut PON 2016,’’ tegasnya menutup pembicaraan. (ZAL)

Most Popular

To Top