Modal Penting Pengembangan Pariwisata – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Modal Penting Pengembangan Pariwisata

BERBAGAI peristiwa yang terjadi di Maluku telah cukup banyak menarik bagi wisatawan untuk berwisata ke daerah ini. Selain keamanan dan ketersediaan infrastruktur, alasan kebersihan menjadi penyebab utama yang perlu diperhatikan, khususnya kebersihan di lokasi objek wisata.

Lingkungan yang bersih tentunya akan membuat siapa pun merasa nyaman berada di sana. Begitupun dengan tempat wisata yang bersih, tentunya akan membuat wisatawan akan merasa nyaman. Tidak sulit membiasakan diri hidup bersih.

“Semua bisa dimulai dari hal-hal yang kecil dari diri sendiri, kemudian lingkungan keluarga, dan lingkungan sekitar kita untuk bagaimana menciptakan lingkungan wisata yang bersih,”ujar Rio (30) salah satu pengunjung di Pantai Amahusu, Ambon.

Menciptakan lingkungan wisata yang bersih dapat memberikan kondisi alam yang segar, enak dipandang mata, bebas dari sampah yang ada disekitar perairan Ambon.

“Diharapkan pemerintah terus meningkatkan perhatian terhadap kondisi lokasi wisata,selain kebersihan akses menuju lokasi wisata juga perlu di perhatikan. Bukan hanya keramahan menjadi ciri masyarakat Ambon,  namun

jika kondisi Ambon yang semakin kondusif ditambah dengan ketersediaan infrastruktur di berbagai lokasi wisata kebersihan lingkungan dapat di tingkatkan dan  dipertahankan maka dengan sendirinya Maluku semakin dijadikan tujuan destinasi bagi wisatawan,”ungkap Yopi salah satu pengelola pantai Supapey.

Sementara, Manager Garuda Indonesia Cabang Ambon, Sonny Pongoh mengatakan, yang paling dibutuhkan oleh wisatawan dari masyarakat dan pemerintah setempat adalah lebih dari sekedar sikap yang berkesan baik, rasa aman dan damai, akan tetapi terlebih pada terciptanya lingkungan wisata yang bersih.

Sampah bertumpuk, seperti kantong plastik, bungkus rokok, kaleng dan minuman botol dan sejumlah sisa makanan terlihat sangat mengganggu pemandangan, serta menimbulkan lingkungan kotor dan tidak sehat.

Pengembangan potensi pariwisata yang sangat besar yang dimiliki Maluku, jangan sampai terhambat dan tidak mencapai tingkat yang optimal karena terkendala persoalan kebersihan yang berdampak pada derajat kesehatan.

“Di samping itu, kebersihan merupakan faktor pendukung utama berkembangnya industri pariwisata di daerah tersebut. Masalah kebersihan merupakan salah satu modal penting pengembangan pariwisata,” katanya. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!